Hubungan Gaya Interaksi Dosen - Mahasiswa Dengan Eksplorasi Dan Komitmen Dalam Mencapai Status Identitas Peran Jender Remaja Akhir
HENY SETY A W ATI, Hubungan Gaya Interaksi Dosen - Mahasiswi dengan
Eksplorasi dan Komitmen dalam Pencapaian Status Identitas Peran Jender Remaja
Akhir (Studi pada Mahasiswi Fakultas llmu Keolahragaan Universitas Negeri
Semarang) clibawah bimbingan Prof. Dr. Hj, Samsunuwidjati Mar'at, S.Psi Ketua
Komisi Pembimbing, Dr. Elmira N. Sumintardja, S.Psi. Anggota Komisi
Pembimbing, dan Dr. H. Sutardjo A. Wiramihardja, S.Psi. Anggota Komisi
Pembimbing.
Pembentukan identitas merupakan isu utama dalam perkembangan kepribadian
masa remaja akhir, dan gaya interaksi dosen merupakan salah satu antecedent factors
perkembangan psikososial individu. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap
hubungan gaya interaksi dosen dengan status identitas peran jender pada mahasiswi
olahraga.
Hipotesis utama adalah terdapat hubungan yang signifikau antara gaya interaksi
dosen - mahasiswi dengan eksplorasi dan kornitmen dalam pencapaian status identitas
peran jender, yang dirinci menjadi tiga sub hipotesis. Subyek penelitian adalah
mahasiswi usia remaja akhir pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri
Semarang yang memenuhi karakteristik tertentu. Populasi target ditentukan dengan
menggunakan metode sensus sebanyak 86 orang. Variabel penelitian yang diukur adalah
gaya interaksi dosen, eksplorasi dan komitmen. Alat ukur yang digunakan adalah
kuesioner dalam bentuk skala bertingkat yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip Likert
Summated Ratings. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan tehnik Rank
Spearman dan Contingency Coefficient C, dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan gaya interaksi dosen - mahasiswi mempunyai
hubungan dengan (1) eksplorasi, (2) komitmen dan (3) status identitas peran jender. Dari
analisis deskriptif didapatkan bahwa sebagian besar mahasiswi memaknai gaya interaksi
dosen enabling, mempunyai status identitas achievement, dan menganut pola peran
jender androgyny.
No copy data
No other version available