Pengaruh Faktor-Faktor Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Di Jurusan Teknik Industri Universitas Kristen Maranatha
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori agensi dan teori signaling apakah kedua teen tersebut bisa menjadi penjelas kebijakan dividen perusahaan. Teori agensi dipergunakan untuk menguji pengaruh faktor-faktor agensi (meliputi beberapa variabel bebas : kepemilikan saham pihak intern perusahaan, sebaran kepemilikan saham, dan harta jaminan) terhadap rasio pembayaran dividen sedangkan teori signaling dipergunakan untuk menguji pengaruh faktor-faktor signaling (meliputi beberapa variabel bebas : rasio hutang terhadap ekuitas, kembalian atas ekuitas, rasio lancar, inverse rasio kewajiban tetap dan pertumbuhan pendapatan) terhadap rasio pembayaran dividen. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah rasio pembayaran dividen.
Penelitian ini menggunakan model ekonometri dan teknik analisis data panel. Data yang digunakan terdiri dan data sekunder yang bersumber dan laporan keuangan, Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan JSX statistic. Unit analisis adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang membagikan deviden pada periode 1999-2007. Metode pengumpulan data menggunakan sensus.
Hasil penelitian mendukung teori agensi bahwa seluruh variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap rasio pembayaran dividen, dan juga mendukung teori signaling bahwa semua variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap rasio pembayaran dividen kecuali variabel inverse rasio kewajiban tetap yang berpengaruh tidak signifikan. Dan hasil standardize diketahui faktor signaling lebih berpengaruh terhadap rasio pembayaran dividen dibandingkan faktor agensi.
Kata kunci: agensi, signaling, rasio pembayaran dividen
No copy data
No other version available