Kualitas Layanan Gedung Venue Dan Nilai Pelayanan Venue Terhadap Kepuasan Pelanggan PCO (Professional Conference Organizer) Pada Bandung Convention Center
Andriaz Septianto Pohan (120820120032), Pengaruh Kualitas dan Nilai
.
Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan PCO (Professional Conference
Organizer) pada Bandung Convention Center. Tesis Program Magister
Manajemen UNPAD dibawah bimbingan
ProfDr.Dwi Kartini,SE.,Spec.Lic dan Dr.Hj.Yevis Marty Oesman,SE.,MP.
Dengan tinggi permintaan Event yang ada di Bandung dan ban yak nya
PCO yang hendak menyelenggarakan event yang akan dibuat, maka salah satu hal
yang menjadi perhatian bagi para penyedia jasa gedung venue adalah bagaimana
caranya agar dapat menyediakan pelayanan yang berkuaIitas dan bernilai kepada
penyelengaraannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Di bidang jasa, kualitas pelayanan dinilai melalui lima dimensi yaitu
. Tangible, Reability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Lainnya yang
dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah nilai pelayanan merupakan
kombinasi manfaat dan biaya. Agar dapat menjaga kuaIitas pelayanan, nilai
pelayanan yang diberikan kepada peJanggan PCO (Professional Conference
Organizer) Bandung Convention Center selaku usaha bergerak dibidang jasa
penyedia gedung venue, merasa perlu melakukan penelitian untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
Metode penelitian menggunakan sensus kepada 44 responden PCO. Data
diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan observasi di lapangan. Teknik
pengolahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan importance
performance analysis, dan Analisis Jalur.
Hasil penelitian menunjukan pengaruh kualitas pelayanan dan nilai
pelayanan yang berpengaruh nyata terhadap kepuasan pelanggan PCOI penyewa
gedung venue di BCC. Pengaruh masing-masing terhadap kepuasan pelanggan
adaIah 0,618 untuk kuaIitas pelayanan dan 0,276 untuk nilai serta pengaruh
kombinasi 0,556 serta kepuasan sediri 0,594 . Dari kedua variabel pokok diatas
temyata kuaIitas pelayanan mempunyai pengaruh terbesar terhadap kepuasan
pelanggan PCo. Pelanggan juga memberikan penilaian yang baik mengenai
kinerja perusahaan, namun demikian upaya peningkatan hams selalu dilakukan
untuk mencapai kepuasan penyewa.
No copy data
No other version available