Anteseden Loyalitas Pelanggan Pengguna Layanan Data Di Dalam Industri Jasa Telekomunikasi Selular (Studi Kasus Pada Grapari Cirebon PT Telkomsel Di Kota Cirebon)
Pada penelitian ini tujuannya adalah untuk membuktikan terdapat
pengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan, terdapat
pengaruh antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan, terdapat
pengaruh antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan, terdapat pengaruh
antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan, terdapat pengaruh antara
kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan citra perusahaan secara bersama-
sama terhadap loyalitas pelanggan, dan terdapat hubungan korelasional antara
kualitas pelayanan dengan citra perusahaan. Jenis desain risetnya adalah
deskriptif-verifikatif Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner terhadap populasi pelanggan pengguna layanan data Telkomsel yang
melakukan walk in ke GraP ARI Cirebon.
Pada penelitian ini menggunakan model persamaan struktural (Structural
Equationl Modeling) sebagai alat analisis data. Sesuai pemyataan Hair (2005:635)
maka jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 110 respond en pengguna data
Telkomsel, agar dapat memenuhi ukuran sampel dalam SEM.
Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh
positif yang kuat terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kepuasan pelanggan
terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, dan
citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan, ketiganya memiliki pengaruh
positif yang lemah namun tetap menunjukkan bahwa hubungan-hubungan
variabel tersebut memiliki pengaruh searah yang lemah namun tidak bisa
diabaikan, secara bersama-sama kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan citra
vu
No copy data
No other version available