Analisis lingkungan fisik, tarif , sumber daya manusia dan pengaruhnya terhdap loyalitas pelanggan pada bos futsal
Futsal adalah olah raga populer hingga saat ini, industri jasa penyediaan lapangan
futsal saat ini sudah berubah. Penyedia lapangan futsal semakin menjamur
khususnya di Bandung Selatan membuat persaingan penyedia lapangan menjadi
ketat, dengan jumlah konsumen yang sama kini para penyedia jasa futsal berebut
konsumen. Konsumen yang loyal akan melakukan pembelian secara member
yaitu mengikatkan diri pada perusahaan untuk pembelian dalam jangka waktu
yang lama, Persaingan dalam industri futsal dengan produk yang relatif sama
membuat para penyedia lapangan futsal berkompetisi dalam menyajikan
lingkungan fisik dan tarif, sementara itu sumber daya manusia yang seharusnya
menjadi ujung tombak belum digarap serius oleh perusahaan. fenomena terjadi di
BOS Futsal adalah dengan improvisasi yang dilakukan secara berkelanjutan pada
lingkungan fisik dan mempunyai tarif yang murah temyata tidak membuat jumlah
member bertambah, jumlah konsumen member malah terns menurun. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil analisis lingkungan fisik, tarif dan
sumber daya manusia dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan di BOS
Futsal. Jenis penelitian ini adalah Analitik Cross Sectional, deskriptif dan
verifikatif. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan data sekunder.
Hasil pengumpulan data dengan menentukan jumlah sampel sebanyak 85
responden. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik dan tarif yang disajikan
tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan sumber daya
manusia memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan di BOS Futsal.
No copy data
No other version available