Orientasi Kewirausahaan dalam rangka Membangun Kerelasian Pembeli, Pemasok , dan Produk Komplementer, serta Implikasinya terhadap kinerja bisnis
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh orientasi
kewirausahaan terhadap kerelasian pembeli, pemasok, dan produk komplementer
serta implikasi terhadap kinerja bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode survey deskriptif dan survey eksplanatori dengan ukuran sampel sebesar
200 responden, yaitu para pengusaha Distro di Kota Bamdung. Metode analisis
data yang digunakan dalam penelitian adalah SEM ( Structural Equation
Modeling) dengan software pengolahan data LISREL 8.30.
Hasil survey menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan, kerelasian
dengan pembeli, pemasok, dan produk komplementer yang dilakukan para
pengusaha Distro sudah cukup baik serta dapat menimbulkan kinerja bisnis yang
cukup tinggi terhadap para pengusaha Distro. Hasil analisis jalur dengan
menggunakan software LISREL 8.30 menunjukkan bahwa orientasi
kewirausahaan berpengaruh terhadap kerelasian dengan pembeli, pemasok, dan
produk komplementer. Demikian juga kerelasian dengan pembeli, pemasok, dan
produk komplementer secara simultan berpengaruh terhadap kinerja bisnis.
Secara parsial kerelasian dengan produk komplementer lebih dominan
mempengaruhi kinerja bisnis.
No copy data
No other version available