Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Cimb Niaga : Studi pada Bank Cimb Niaga Bandung - Asia Afrika
Penelitian lID bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Customer
Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan Bank CIMB
Niaga. CRM adalah praktek menganalisis,memanfaatkan data pemasaran dan
penggunaan teknologi komunikasi untuk memaksimalkan nilai dari hubungan dengan
setiap pelanggan bagi perusahaan. Jika CRM dapat diimplementasikan secara optimal
maka perusahaan akan memperoleh loyalitas nasabah.
Penulis menggunakan teori CRM dari V. Kumar & J. Wemer Reinartz (2007:06)
sebagai dasar penelitian dan teori loyalitas yang penulis jadikan referensi adalah teori
Griffin (2002:31). Metode analisis data yang digunakan adalah SEM dan hasilnya
menunjukkan bahwa CRM yang diimplementasikan oleh Bank CIMB Niaga
memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan pengaruh besar
mencapai 86% dan 73,96% keragaman loyalitas nasabah bergantung pada baik
buruknya pelaksanaan CRM.
No copy data
No other version available