Konsumsi berita oleh khalayak perempuan studi etnografi khalayak pada ibu rumah tangga muda perkotaan di Bandung mengenai konsumsi berita televisi
Ratri Rizki Kusumalestari. 2014. "Konsumsi Berita TV oleh Khalayak Perempuan.
Studi pada Khalayak Perempuan Ibu Rumah Tangga Muda Perkotaan di Bandung
Mengenai Konsumsi Berita Televisi. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran
Bandung. KetuaTim Pembimbing: Dr. Eni Maryani, M.Si., Anggota Tim Pembimbing:
Hj. Kismiyati El Karimah, Ora., M.Si.
Penelitian mengenai khalayak perempuan ibu rumah tangga muda perkotaan di
Bandung ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa ibu rumah tangga yang tidak
bekerja di sektor publik, ternyata mengonsumsi berita TV secara rutin dalam
keseharian mereka. Bahkan, kegiatan menonton berita TV telah terintegrasi dalam
keseharian mereka dan masuk dalam wilayah kerja mereka. Ketika para ibu rumah
tangga muda di perkotaan mengonsumsi berita TV, maka pertanyaan yang muncul
kemudian adalah berita apa, mengapa dan bagaimana mereka mengonsumsi berita TV?
Selain itu juga bagaimana mereka memaknai berita TV? Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mendasari pertanyaan penelitian yang berusaha dijawab melalui penelitian ini,
yakni bagaimana pandangan khalayak perempuan ibu rumah tangga muda perkotaan
di Bandung atas berita TV? Serta bagaimana perilaku khalayak perempuan ibu rumah
tangga muda perkotaan di Bandung sebagai penonton berita TV? Untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode etnografi khalayak (audience etnography). Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi langsung, wawancara danfocus group discussion.
Ternuan-temuan dalarn penelitian ini menunjukkan adanya kekhasan dalam konsumsi
berita TV oleh ibu rumah tangga muda di perkotaan. Kekhasan tersebut meliputi cara
pandang mereka atas berita TV yang mereka ton ton, yakni preferensi mereka ketika
menonton berita, di mana penyajian, isi berita dan waktu penayangan menjadi alasan
mereka memilih program berita tertentu dan ketertarikan emosional serta kognitif
menjadi alasan mereka memilih topik berita yang ingin mereka tonton. Selain itu, ibu
rumah tangga muda perkotaan juga memiliki pandangan tersendiri atas berita TV yang
mereka tonton. Pertimbangan utama atas pilihan berita yang mereka tonton terletak
pada penyajiannya. Kemudian, mereka menonton berita TV secara rutin karena adanya
tuntutan dari masyarakat yang melek informasi, terutama keberadaan ibu rumah tangga
lain yang bekerja di sektor publik. Mereka juga memiliki pandangan tersendiri atas
topik berita 1V yang mereka tonton, yakni berita ekonomi, politik, selebriti, investigasi
dan kriminal. Temuan lain dalam penelitian ini menyangkut perilaku ibu rumah tangga
. muda perkotaan sebagai penonton berita TV. Mereka menunjukkan perilaku yang
berbeda ketika menonton berita bersama dengan keluarga dan pada saat menonton
berita seorang diri. Keragaman perilaku menonton juga terlihat ketika mereka
memaknai berita TV dan kegiatan menonton TV secara berbeda.
No copy data
No other version available