Pengaruh Media Promosi Komunikasi Point Of Purchase (POP) Terhadap Pendayagunaan Peprustakaan Oleh Pemustaka (studi pengaruh komunikasi point of purchase (POP) terhadap pendayagunaan Perpustakaan UPI)
Majidah. 210120110514. Penelitian ini membahas tentang "Pengaruh Media
Promosi Komunikasi Point Of Purchase Terhadap Pendayagunaan Perpustakaan
oleh Pemustaka (Studi Pengaruh Komunikasi Point of Purchase Terhadap
Pendayagunaan Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia). Guna
memperoleh gelar Magister Ilmu Komunikasi, Program Pendidikan Magister
Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Ilmu Informasi Perpustakaan
Universitas Padjadjaran bandung.
Pada perpustakaan perguruan tinggi, media promosi yang sering digunakan
untuk memperkenalkan sarana-prasarana, koleksi dan layanan perpustakaan
kepada pemustaka, adalah media promosi tercetak yang terse bar pada ruang
perpustakaan, yang dikenal dengan istilah media promosi komunikasi Point of
Purchase. Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia, termasuk perpustakaan
yang menggunakan media promosi komunikasi Point Of Purchase. Namun, sejak
perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia menggunakan media promosi
komunikasi Point Of Purchase, belum diketahui seberapa besar pengaruh dari
masing-masing media promosi komunikasiPoint Of Purchase kepada pemustaka
untuk mendayagunakan perpustakaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk
untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh penerapan media promosi
komunikasi Point of purchase terhadap pendayagunaan perpustakaan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
survey-explanantory, dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan
datanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemustaka yang terdaftar sebagai
anggota Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia, dengan sampel sebanyak
930rang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut:
Media promosi hanging mobile dan shelf talker merupakan media yang
mempengaruhi pemustaka untuk mendayagunakan sarana prasarana perpustakaan
dengan total pengaruh masing-masing sebesar 29,5% dan 3,6%. Media promosi
poster, hanging mobile dan table tent merupakan media yang mempengaruhi
pemustaka untuk mendayagunakan koleksi perpustakaan dengan total pengaruh
masing-masing sebesar 51 %, 7,7% dan 10,5%. Dan Media promosi x-banner,
hanging mobile dan table tent merupakan media yang mempengaruhi pemustaka
untuk mendayagunakan layanan perpustakaan dengan total pengaruh masingĀ
masing sebesar 6,7%,12,9% dan 9,1%.
No copy data
No other version available