Konstruksi identitas diri bagi relawan taman bacaan masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan non formal do taman bacaan masyarakat di jakarta
Feri Ferdinan Alamsyah, 210120090021, 2013. Konstruksi Identitas Diri
bagi Relawan Taman Bacaan Masyarakat dalam Menyelenggarakan Kegiatan
Pendidikan non formal di Taman Bacaan Masyarakat di Jakarta. Ketua Komisi
Pembimbing Or. Atwar Bajari, M.Si., dan Anggota Komisi Pembimbing Dr. Hj.
Siti Karlinah, M.Si., Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu
Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi identitas relawan
IBM dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan non formal di TBM, konsep
diri relawan IBM dan mengetahui motif relawan TBM menggelar kegiatan
pendidikan non formal di IBM.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi, yakni pendekatan yang akan memberikan pandangan lengkap dan
mendalam mengenai subyek yang diteliti dengan melakukan penelaahan berbagai
data seperti wawancara, pengamatan, penelaahan dokumen dan hasil
survey.Penelitian ini melibatkan 13 narasumber yangdilakukan dengan teknik
purposive sampling
Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas Relawan TBM pada individu
muncul ketika individu tersebut melihat gejala sosial, yakni minimnya kebiasaan
membaca, oleh sebab itu, Relawan TBM menggelar kegiatan pendidikan non
formal melalui TBM sebagai solusi untuk menanggulangi persoalan tersebut.
Motif relawan TBM adalah relawan TBM sebagai agen perubahan, relawan TBM
sebagai individu yang ingin berbagi, dan relawan TBM sebagai pengabdi kepada
dunia pendidikan. Kemudian konsep diri yang muncul pada Relawan TBM,
adalah seorang Pemilik TBM, Pengasuh, Teman Bermain, Kakak dan Dermawan.
No copy data
No other version available