Pengaruh Implementasi KOmunikasi Penugasan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan
Dinamika kehidupan dunia usaha, akan selalu penuh dengan persaingan
yang sangat kuat, ketat, dan kompetitif. Desakan terhadap perusahaan untuk
melakukan berbagai perubahan dalam mengimbanginya semakin tinggi, baik
perubahan internal maupun eksternal. Peristiwa ini akan berlangsung secara terus
menerus, karena perusahaan akan selalu berinteraksi dengan lingkungannya.
Perubahan perusahaan tersebut merupakan reaksi dari adaptasi dan antisipasi
terhadap perubahan lingkungan, karena perusahaan bukan saja harns bertahan
hidup melainkan harus tumbuh dan berkembang sejalan dengan kehidupan dunia
usaha dan tuntutan masyarakat sekitar. Demikian pula persaingan bagi setiap
perusahaan yang bergerak bidang perdagangan semakin kompetitif dan ketat,
sehingga telah memaksa perusahaan untuk menyusun strategi dalam mencapai
tujuannya. Perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan dan menghadapi
pennasalahan dalam persaingan dewasa ini adalah PT. Sumber Alfaria Trijaya,
Tbk. Cabang Bandung I dengan sejumIah mini marketnya yaitu Alfamart. Sebaran
mini market yang semakin berkembang pesat telah membutuhkan strategi dalam
implementasi komunikasi penugasan agar dapat membangkitkan motivasi kerja
karyawan dengan tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai target yang telah
ditentukan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasional dengan
pendekatan kuantitatif. Analisis data penelitian yang digunakan adalah path
analysis method (metode analisis jalur) yang bertujuan untuk mengetahi saberapa
besar pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung mengenai implementasi
komunikasi penugasan yang meliputi informatif, regulatif, persuasif, dan integratif
terhadap motivasi kerja karyawan yang meliputi bekerja sesuatu standar, senang
bekerja, merasa berharga, bekerja keras, sedikit pengawasan serta semangat juang
tinggi.
Kesimpulan yang diperoleh dari basil penelitian tersebut adalah terdapat
pengaruh langsung dan tidak langsung yang signifikan antara implementasi
komunikasi penugasan terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Sumber Alfaria
Trijaya, Thk. Cabang Bandung I yang ditempatkan di mini market Alfamart.
Implementasi komunikasi penugasan yang meliputi informatif, regulatif, persuasif,
dan integratif menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan - pengaruh tidak
langsung terhadap motivasi kerja karyawan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
C
No copy data
No other version available