" />
Analisis Semiotik Iklan Telkomsel Versi "Paling Indonesia" (Analisis Semiotik Barthes Terhadap Iklan Korporat Telkomsel Versi "Paling Indonesia" di televisi)
Eka Akbar Malik. 210120110020. "Analisis Semiotik iklan Telkomsel
versi "paling Indonesia" di Televisi. Ketua Tim Pembimbing Dr. H. Dede
Mulkan, M.Si. dan Anggota Tim Pembimbing Uud Wahyudin, Drs., M.Si.
Program "t'"fagister Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas
Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna iklan
korporat Telkomsel versi "paling Indonesia" yang ditayangkan di televisi dengan
mengungkapkan makna denotatif, konotatif, dan mitos dalam iklan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis semiotik dari Roland
Barthes dengan menganalisis penanda dan petanda yang muncul dalam iklan dan
mencari maknanya melalui signifikasi dua tahap.
Ilasil penelitian menunjukkan bahwa setiap scene memiliki makna
denotatif, konotatif, dan mitos yang dapat dikelompokkan pada beberapa tema
besar yaitu tema pembangunan, tema nasionalisme, tema ekonomi, dan tema
bisnis perusahaan. Makna konotatif dari iklan korporat Telkomsel versi "paling
Indonesia" ,,_; •... 'T'~11,~_~~1 _~_._~1,~_ ~_~1, _~_.~_\..~~_ n'T' 'T'~1~1,~_ •• _;1,~~;
J.uuvu ;:)Ja yaJU.l J. o;;.ll\.VIU"'~J Jll~lllpal\.aU auaJ\. p~J U:>
No copy data
No other version available