Konstruksi makna mahasiswa tentang pendidikan tinggi di unswagati (studi fenomenologi terhadap konstruksi makan mahasiwa di universitas swadaya gunung jati cirebon)
Tuntutan pengembangan sumber daya manusia dari waktu ke waktu semakin
meningkat. Layanan pendidikan harus mampu mengikuti perkembangan tersebut.
Selain keluarga dan sekolah, masyarakat memiliki peran tersendiri terhadap
pendidikan. Kenyataan sering kita jumpai banyak pelajar atau mahasiswa yang
kurang mampu menyikapi dengan baik pendidikan yang ditempuhnya.
Ketidakmampuan tersebut menyebabkan nilai prestasi dalam kuliah tidak maksimal,
sehingga tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi tersebut terjadi diantaranya
karena waktu mereka lebih banyak dihabiskan untuk berhura-hura sepulang mereka
kuliah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi makna tentang
pendidikan di perguruan tinggi oleh mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati,
yang meliputi : makna Unswagati sebagai perguruan tinggi, makna perkuliahan,
makna dosen, dan makna kegiatan kemahasiswaan.
Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang mempunyai pengalaman ten tang
pendidikan di Unswagati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan kajian dokumen.
Hasil penelitian : Gedung Unswagati dimaknai mahasiswa cukup megah,
cukup bagus, dan belum megah. Nama Unswagati dimaknai populer. Manajemen
Unswagati dimaknai mahasiswa kurang bagus dan cukup bagus. Kualitas pendidikan
Unswagati dimaknai mahasiswa lebih baik dibandingkan dengan pendidikan di
perguruan lain di Cirebon, sedangkan biaya pendidikannya mahal. Perkuliahan
dimaknai mahasiswa cukup kondusif, kondusif, dan kurang kondusif. Dosen
dimaknai mahasiswa cukup kompeten, kompeten, dan kurang kompeten. Kegiatan
kemahasiswaan dimaknai mahasiswa sebagi sarana mengembangkan pemikiran,
menumbuhkan kemandirian, membentuk jiwa pemimpin yang bermanfaat bagi orang
lain, memupuk mental spiritual, dan memupuk rasa kemanusiaan.
Penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi untuk menambah
wawasan dan pengetahuan mengenai kehidupan di perguruan tinggi.
No copy data
No other version available