Kampanye inisiasi menyusu dini dan asi eksklusif (studi kasus di rumah sakit immanuel bandung)
Penelitian ini berjudul "Kampanye Inisiasi Menyusu Dini dan ASI
Eksklusif' (Studi Kasus Kampanye Inisiasi Menyusu Dini dan ASI Eksklusif di
Rumah Sakit Immanue1 Bandung) diteliti oleh Ratna Martina, NPM
210120080009 Fakultas Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas
Padjadjaran Bandung. Tim Pembimbing Dr. Bety R.F Sabur, dra., MS, sebagai
ketua Tim Pembimbing dan Dr. Susanne Dida, dra., MM sebagai anggota Tim
Pembimbing.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi dan menganalisis proses
komunikasi dalam kampanye IMD yang dilakukan RS. Immanue1 Bandung. 2)
Menganalisis komponen komunikasi dalam kampanye IMD yang dilakukan RS.
Immanuel Bandung. 3) Merumuskan model strategi komunikasi kampanye IMD
yang dilakukan RS. Immanuel Bandung melalui pendekatan komunikasi
kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan menggunakan Studi Kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan
wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Dengan teknik analisis data
dilakukan melalui tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai
berikut: Strategi kampanye yang dilakukan oleh Rumah Sakit Immanuel ini terdiri
dari beberapa tahapan, yaitu: 1) Advokasi dan Pelatihan kepada tenaga kesehatan
(Perawat dan Bidan), 2) Direct Campagne (Mother Teaching dan Komunikasi
Interpersonal antara tenaga kesehatan dan pasien), 3) Media Campagne (Buku
Panduan, Leaflet, Poster). Dari hasil penelitian mengenai komponen proses
komunikasi dalam kampanye IMD dan ASI Eksklusif, komponen komunikasi
dibagi menjadi 4 (cmpat) komponen, yaitu: 1) Komunikator adalah dari pihak
KMS Obgyn Rumah Sakit Immanuel, yang terdiri dari dokter spesialis obsteri dan
gynekologi, bidan, perawat, eo. Assistant. 2) Media yang digunakan adalah materi
presentasi dalam bentuk slide, makalah dan buku pedoman untuk tenaga
kesehatan, leaflet dan poster. 3) Komunikan terdiri dari ultimate target yaitu
pasien dan intermediate target yaitu perawat dan bidan, 4) Pesan da1am kampanye
ini adalah informasi tentang IMD dan ASI Eksklusif. Model kampanye IMD dan
ASI Eksklusif di Rumah Sakit immanuel ini sesuai dengan teori health believe
model, karena model ini dekat dengan pendidikan kesehatan.model ini
menjelaskan kondisi-kondisi yang sangat diperlukan bagi terjadinya suatu
perubahan perilaku. Model ini dapat digunakan untuk menganalisis berbagai
pemikiran yang harus ditumbuhkan dalam diri khalayak melalui pesan-pesan
kampanye, agar terjadi perubahan perilaku sesuai yang diinginkan. Health believe
model memprediksi kemungkinan seseorang untuk lebih memperhatikan dan
menjalankan anjuran untuk menjadi sehat. (melakukan tindakan preventif maupun
kuratif.
No copy data
No other version available