Strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Dalam Membangun Citra Sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Milik Bangsa Berdasarkan Perspektif Historiografi
ABSTRAK
Pada zaman modem seperti sekarang ini media mass a mempunyai peranan
penting dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan perkembangan media massa
saat ini, radio tetap mempunyai peranan penting dalam komunikasi dan
penyebaran informasi. Ditengah berkembangnya radio-radio swasta yang
mempunyai eksistensi yang cukup tinggi di masyarakat, RRI tetap mempunyai
komunitas pendengar setia yang selalu menanti program-program siarannya.
RRI merupakan satu-satunya radio pemerintah yang ada di Indonesia,
dim ana kebijakannya pun selalu berubah sesuai dengan peraturan pemerintah.
Pada zaman masa berdirinya RRI merupakan alat perjuangan negara Indonesia,
yang seiring dengan perkembangannya sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.
37 tahun 2000 RRI berubah statusnya menjadi Perjan milik BUMN, yang
kemudian pad a tahun 2005 RRI berubah lagi menjadi Lembaga Penyiaran Publik
(LPP) sesuai dengan yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 11 tahun
2005.
Perubahan ini menuntut RRI untuk merubah citranya di masyarakat sesuai
dengan statusnya saat ini sebagai LPP. Tentu saja hal ini mengharuskan RRI agar
mempunyai strategi yang terencana dalam merubah citra nya, dimana masyarakat
yang mula nya mengenal RRI dalam menyiarkan program acara nya hanya
sebagai corong pemerintah, tetapi saat ini RRI merupakan media penyeimbang
antara pemerintah dan kebutuhan publik.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan
RRI dalam merubah citranya dan untuk meningkatkan segrnen pasamya.
Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa RRI dalam strategi merubah citra
nya menggunakan metode manajemen strategi dan persuasif. Dimana RRI
melakukan perubahan dalam program siarannya, dan melibatkan pendengar dalam
penyusunan program acara siaran RRI. Hal ini dimaksudkan agar program siaran
RRI yang disiarkan dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masyarakat.
Strategi yang dilakukan RRI ini mambawa RRI kearah yang lebih baik, karena
terlihat RRI dapat meningkatkan segmen pasamya, terutama dengan adanya PRO
2 FM dimana program siarannya sebagian besar diyujukan untuk kalangan muda.
Kata kunci: Manajemen strategi untuk perubahan citra, Peningkatan kualitas dan
penyesuaian program siaran.
No copy data
No other version available