Strategi Marketing Public Relations The Axana Hotel (Ex-Hotel Ambacang) Pasca Gempa Sumbar 30 September 2009
Suci Marta (210120120509), 2014. Jurusan I1mu Hubungan Masyarakat, Program
Magister I1mu Kornunikasi, Fakultas lImu Komunikasi, Universitas Padjadjaran dengan Dr.
Hj. Hanny Hafiar, M.Si. sebagai ketua tim pembimbing dan Prof. Dr. Hj. Mien Hidayat, M.S.
sebagai anggota tim pembimbing. Penelitian ini berjudul "Strategi Marketing Public
Relations The Axana Hotel (Ex. Hotel Ambacang) Pasca Gempa Sum bar 30 September
2009".
Penelitian ini menggunakan jenis studi studi kasus yang ditulis dalam tradisi kualitatif
serta menggunakan beberapa teori yang melandasi penelitian yaitu teori interaksi simbolik,
teori konstruksi sosial atas realitas, dan planning theory.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Repositioning The Axana Hotel pasca gempa adalah
(a) The Axana Hotel Memberi Pelayanan berstandar Topotels Management (b) Konsep
Bangunan The Axana Hotel bernilai sejarah (c) The Axana Hotel adalah Hotel Berbintang
Empat (d) Terjadi Perebutan SDM dengan kompetitor (e) Karyawan The Axana Hotel
Kompak dan Loyal (t) The Axana Hotel sebagai One Stop Living Center (g) The Axana
Hotel Berkonsep Go Green. (2) untuk meningkatkan jumlah tamu pasca gempa, pihak
manajemen melakukan beragam cara seperti (a) Tahap Awal (b) Tahap Lanjutan dengan
melakukan perbaikan internal (employee relations) dan perbaikan eksternal (event public
relations, media relations, client gathering, serta pemanfaatan media sosial). (3) Alasan
mengapa government relations dijadikan strategi andalan untuk merebut pangsa pasar oleh
The Axana Hotel pasca gempa Sumbar 30 September 2009 adalah (a) Pemerintah sudah
punya anggaran untuk melaksanakan event, (b) Pemerintah memiliki program yang teratur
setiap tahun, (3) Lembaga pemerintahan sangat banyak.
Saran penelitian ini adalah (1) Pemahaman manajemen The Axana Hotel tentang
repositioning perusahaan pasca gempa Sumbar 30 September 2009 harus dikomunikasikan
dengan baik kepada seluruh karyawan dan publik. Hendaknya seluruh konsep tersebut tidak
berhenti hingga level manager saja. (2) Strategi yang dilakukan oleh The Axana Hotel dalam
meningkatkan jumlah tamu pasca gempa Sum bar 30 September 2009 hendaknya dijadikan
sebuah siklus yang tidak boleh berhenti. Jika perlu buatkan standar event tahunan yang harus
dilakukan oleh perusahaan agar publik selalu tahu bahwa The Axana Hotel tetap eksis. (3)
Government relations telah berhasil menjadi strategi andalan untuk merebut pangsa pasar
oleh The Axana Hotel pasca gempa Sumbar 30 September 2009. Berikutnya, ada baiknya
The Axana hotel mengembangkan sasaran publiknya kepada anak muda, sekolah-sekolah,
dan universitas serta perguruan tinggi yang ada di Kota Padang. Dengan dernikian
. diharapkan pencapaian tujuan perusahaan dapat dimaksimalkan.
No copy data
No other version available