Strategi "marketing public relations" Perguruan Tinggi Swasta dalam membangun citra positif di tengah ilkim persaingan penyelenggaraan pendidikan tinggi
Tesis ini berjudul STRA TEGI "MARKETING PUBLIC RELATIONS"
PERGURUAN TINGGI SW ASTA DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF
DI TENGAH IKLIM PERSAINGAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
TINGGI (Studi Kasus di Sekolah Tinggi I1mu Komunikasi Bandung), yang
difokuskan pada bagaimana penggunaan marketing public relations dilakukan untuk
meningkatkan citra Stikom Bandung.
Subyek penelitian ini adalah Stikom Bandung. Adapun obyek penelitiannya
adalah program marketing public relations yang dilakukan oleh Stikom Bandung
untuk membentuk citra Stikom Bandung sebagai perguruan tinggi yang berorientasi
praktis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan metode studi kasus. Peneliti berusaha mengamati, memahami dan
menganalisis pelaksanaan marketing public relations di Stikom Bandung. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan
studi dokumentasi dan literatur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program marketing public relations di
Stikom Bandung masih belum dijalankan dengan baik. Proses perencanaan kurang
didukung oleh dokumentasi dan analisa situasi yang mendalam. Pelaksanaan
program marketing public relations juga belum konsisten sesuai perencanaan.
Pemilihan media yang dilakukan cenderung menggunakan media yang secara
tradisional digunakan dalam kegiatan promosi. Citra Stikom Bandung sebagai
perguruan tinggi masih kalah oleh citra pendiri Stikom Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar Stikom Bandung melakukan
program marketing public relation lebih baik lagi mulai dari proses perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Citra Stikom Bandung sebagai lembaga harus ditingkatkan
lagi.
No copy data
No other version available