Pengaruh implementasi CSR terhadap sikap komunitas pada program perusahaan: studi kuantitatif tentang implementasi corporate social responsibility terhadap sikap komunitas pada program "street children sponsorship" Migas Hess Indonesia
Penellitian ini membahas tentang pengaruh implementasi CSR terhadap
sikap komunitas pada program sponsorship "street children" Migas Hess
Indonesia, dan bertujuan untuk mengetahui besamya pengaruh sustainability,
accountability dan transparency pada implementas CSR terhadap sikap komunitas
pada program sponsorship "street children yang meliputi sub variabel kognitif,
afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam
penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 42 responden. Penentuan sampel
menggunakan rumus slovin serta teknik pengambilan sampel yang menggunakan
simple random sampling. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, angket,
studi kepustakaan dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur
dengan perhitungan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa sustainability, accountability dan transparency mempunyai pengaruh
terhadap sikap komunitas. Namun secara signifikansi sustainability merniliki
pengaruh terhadap sikap kognitif, afektif dan konatif, sedangkan accountability
tidak merniliki prosentase yang tinggi atau signiftkan terhadap sikap.
Transparency merniliki pengaruh yang signiftkan terhadap sikap kognitif
komunita, sedangkan pada sikap afektif dan konatif tidak signifikan. Dari hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh implementasi CSR terhadap sikap
komunitas terbesar adalah sustainability dan transparency sedangkan
accountability tidak memberikan pengaruh yang besar kepada praktik
implementasi CSR.
No copy data
No other version available