Pengaruh patronage buying motives terhadap proses keputusan wisatawan untuk mengunjungi tempat...
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian reponden terhadap
patronages buying motives dan proses keputusan wisatawan untuk mengunjungi
tempat wisata di Kabupaten Garut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive dan
survey. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke tempat
wisata yang menjadi unit analisis yaitu Candi Cangkuang, Situ Bagendit dan
Kolam Renang Cipanas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis
kualitatif. Hasil dari pengolahan data ditampilkan dalam bentuk tabel frekuensi
yang kemudian diberikan penjelasan dan interpretasi sebagai suatu kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi patronage buying motives
wisatawan yang terdiri dari unsur-unsur: letak lokasi wisata secara umum dinilai
baik, suasana di lokasi wisata dinilai cukup menyenangkan dan cukup aman
walaupun masih kurang bersih, fasilitas yang terdapat di lokasi wisata dinilai
cukup lengkap waJaupun kurang sera si daJam penernpatannya, harga tiket masuk
dan harga produk-produk yang dijual di Jokasi wisata dinilai cukup murah dan
karyawan dinilai cukup mampu tetapi masih kurang menarik dalam hal
penampilan. Sedangkan kondisi proses keputusan wisatawan dalam mengunjungi
temp at wisata dinilai telah meJalui tahapan-tahapan dengan baik artinya mereka
telah mengenali kebutuhan untuk berwisata dengan baik, melakukan pencarian
informasi dan melakukan perbandingan tempat wisata, tetapi ketika memutuskan
untuk mengunjungi tempat wisata, wisatawan tidak yakin bahwa tempat wisata
terse but adalah yang terbaik. Secara umum wisatawan cukup puas terhadap
ternpat wisata. Alasan terbanyak dalam mengunjungi tempat wisata di Kabupaten
Garut adalah karena letak lokasi wisata yang mudah dijangkau dan harga tiket
masuk yang murah.
No copy data
No other version available