Studi Tentang Kesiapan Pustakawan Dalam Menghadapi Sertifikasi Pustakawan Survei Pada Pustakawan PNS dan Non PNS(swasta) Di Wilayah Kota Bandung
Kcgiatan Program KKNM-PPMD INTERGRATIF Pcriodc Juli-Oktobcr
2012 bcrjudul "Aprcsiasi Sastra dalarn Mcningkatkan Gemar Membaca Siswa Sckolah
Dasar di Dcsa Cngrcg dan Dcsa Cayur Kccamatan Cikatomas Kabupatcn Tasikmalaya''.
hcrupaya untuk mcningkatkan minat baca mclalui apresiasi sastra dalam
kcrcrampilan mcnulis puisi pada anak. Kegiatan itu dilakukan mcngingat minat
baca siswa sekolah dipandang masih renclah. Hal itu disebabkan karena beberapa
faktor scpcrti godaan media televisi, harga buku yang relati f mahal. clan
kurangnya kolcksi bahan bacaan yang bermutu clan menarik. Mctodc yang
digunakan adalah metode penyuluhan. Bcrdasarkan jumlah sasaran. yaitu siswa
kolas V sckolah dasar. maka metode penyuluhan yang digunakan adalah
pcndckatan kelompok.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan apresiasi sastra dalam meningkatkan
gcmar mcmbaca melalui kegiatan menulis puisi adalah adanya peningkatan positif
yang cukup berarti bagi siswa SD kelas V di Desa Cogreg dan Desa Cayur,
Kecarnatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya dalam pemahaman mengenai
dunia sastra (peningkatan data menunjukkan angka 31.25% atau 15 siswa).
Artinya kegiatan ini memberi manfaat positif bagi para peserta, yang dibuktikan
dengan jurnlah kenaikan peserta yang memiliki wawasan sastra. Kemarnpuan
mcnulis puisi pada siswa sekolah dasar merupakan bentuk apresiasi sastra pada
tingkat produktif. yaitu siswa dapat menghasilkan cipta sastra. Kernampuan
apresiasi produktif itu tidak terlepas c1ari kegiatan membaca. Untuk memiliki
kcmarnpuan mcmbaca, maka pada diri siswa harus dibina sikap gernar membaca.
No copy data
No other version available