Analisis swot terhadap format baru kompas
Setelah 40 tahun terbit, Kompas sebagai salah satu media massa terkemuka di
Indonesia, mengubah format tampilannya. Dalam dunia media massa, format sebuah
media massa merupakan citra dari media terse but. Perubahan citra tersebut tentu harus
dipahami sebagai keputusan dan langkah strategis Kompas dalam upaya mempertahankan
eksistensinya terutama untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui apa latar belakang Kompas tampil
dengan format baru serta faktor strategis apa yang memengaruhi Kompas tampil
sehubungan dengan format barunya.
Guna menjawab semua pertanyaan tersebut peneliti akan melakukan analisis
SWOT terhadap berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kinerja perusahaan. Analisis
SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi
perusahaan yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities),
namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman
(threats).
Strategi desain Kompas adalah menempatkan fungsionalitas sebagai sesuatu yang
utama, melalui navigasi, tipografi, serta kode wama, dengan harapan wajah baru Kompas
dapat mencerminkan sebuah Indonesia baru, yang kini penuh energi dan gairah kaum
mudanya. Tidak lagi kaku dan membosankan.
Format baru juga mengusung ide bahwa Kompas bisa dinikmati secara "Lintas
Generasi". Dengan perubahan ini Kompas berharap tetap menjadi media yang dapat
menyediakan kebutuhan masyarakat akan informasi dan berita sesuai dengan tagline
Kompas bahwa semua·orang akan mem-"Buka Mata dengan Kompas," termasuk generasi
muda. :
No copy data
No other version available