Rancangan pelatihan untuk meningkatan self directed learning mahasiswa
Gema Laras Dwiati. 2014. Rancangan Pelatihan Untuk Meningkatkan Self
Directed Learning Mahasiswa.
Pembimbing: R. Urip Purwono, M. Se, Phd. & Drs. Sudarmo Wiyono, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk membuat raneangan pelatihan untuk
meningkatkan self directed learning mahasiswa. Pelatihan yang dirancang ini
mengaeu pada konsep teori self directed learning dari Garrison (1997). Subjek
penelitiannya adalah mahasiswa tingkat 1 D3 Informatika Telkom University
angkatan 2013, yaitu 11 mahasiswa.
Raneangan pelatihan disusun dan dikembangkan dengan mengaeu pada
aspek-aspek dalam self directed learning, yaitu self management, self monitoring
dan motivasi. Raneangan pelatihan dilakukan dengan menerapkan model belajar
experiential learning. Materi pelatihan disusun menjadi 6 aktivitas utama untuk
meningkatkan self directed learning peserta, yaitu sesi "itu aku", sesi "my goal",
sesi "dart games", sesi "origami", sesi "penyusunan action plan" dan sesi
"evaluasi action plan". Efektifitas dari pelatihan ini dapat dilihat dari peningkatan
kategori self directed learning dari subjek penelitian yang dinilai dengan
menggunakan alat ukur self directed learning, observasi perilaku, lembar kerja
peserta dan evaluasi reaksi peserta terhadap pelatihan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Single Group PretestÂ
Posttest Design (Before-After). Pengujian terhadap skor total self directed
learning sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan menggunakan uji wilcoxon.
Hasil uji wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan self directed learning pada
subjek penelitian setelah mengikuti pelatihan (tingkat kepercayaan 95%).
Raneangan pelatihan yang disusun mampu meningkatkan ketiga aspek dalam self
directed learning. Dengan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman mengenai
self directed learning, mahasiswa lebih dapat memaksimalkan proses belajarnya
dan memiliki tanggungjawab pribadi dalam proses belajar yang dijalaninnya.
No copy data
No other version available