Analisis Loyalitas Konsumen Berdasarkan Kreaktivitas Strategi Diferensiasi dan Inovasi (Studi Kasus pada Wirausaha Jasa Bywi Futsal Jakarta Barat)
Semakin sempitnya lahan di Jakarta yang digunakan untuk dijadikan
apartemen atau perumahan berdampak terhadap semakin minimnya lahan yang
digunakan untuk fasilitas olahraga khususnya lapangan sepak bola yang mana
memerIukan lahan yang luas. Hal terse but menyebabkan banyak orang mencari
aItematif lain untuk menggantikan olahraga sepak bola yaitu olahraga futsal.
Seiring dengan perkembangan lapangan futsal yang ada, maka semakin ketatnya
persaingan antara jasa lapangan futsal. Demi mempertahankan loyalitas konsumen
perusahaan harus mampu menuangkan kreativitas strategi diferensiasi dan
inovasinya demi kestabilan penyewa lapangan futsal.
Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi diferensiasi.
Menurut Michael Porter dalam David (2006) strategi diferensiasi yang sukses
membuat perusahaan dapat menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produknya
dan memperoleh loyalitas karena konsumen mungkin amat mendambakan pada
sifat yang membedakan. Banyaknya persaingan antara sarana futsal di Jakarta
Barat bisa mengakibatkan persaingan terhadap tingkat loyalitas konsumen. Hal ini
ditunjukkan dengan adanya beberapa konsumen Bywi futsal yang keluar dan
pindah ke tempat sarana futsal lain.
Berdasarkan data penyewaan rutin bywi futsal dari Mei sampai dengan
September 2013 terjadi ketidakstabilan jumlah konsumen yang loyal diukur dari
intensitas konsumen yang melakukan penyewaan secara rutin per-minggu,
penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui analisis loyalitas konsumen
berdasarkan kreativitas strategi diferensiasi dan inovasi. Data yang digunakan
adalah penyebaran kuesioner yang terdiri dari 100 responden, alat analisis yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah path analysis. Hasil pengujian hipotesis
deskriptif menunjukan bahwa kreativitas strategi diferensiasi Bywi futsal baik,
sedangkan hasil hipotesis deskriptif inovasi Bywi futsal baik dan hasil pengujian
hipotesis deskriptif loyalitas konsumen Bywi futsal baik, namun pengujian
hipotesis verifikatif menunjukan bahwa kreativitas strategi diferensiasi dan :
inovasi berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen, dan secara
parsial pengujian kreativitas strategi difernsiasi secara langsung berpengaruh
sebesar 28.19% terhadap loyalitas konsumen dan inovasi berpengaruh sebesar
8.88% terhadap loyalitas konsumen.
No copy data
No other version available