Pelatihan discrimination of figure and ground untuk meningkatkan kemampuan pengidentifikasian huruf di dalam prpses pra membaca pada anak usia pra sekolah
Penelitian ini bermaksud untuk menemukan modul pelatihan yang sesuai dalam
embangkan keterampilan Discrimination of Figure and Ground yang dibutuhkan anak
dapat mengindentifikasikan huruf di dalam suatu kata pada proses pra membaca.
pa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menyebutkan bahwa keterampilan
tmination of Figure and Ground adalah salah satu keterampilan pra syarat yang penting
" i oleh anak untuk mempunyai keterampilan Visual Discrimination yang menjadi bekal
di dalam proses membaca.
Ketermapilan Discrimination of Figure and Ground merupakan hal yang dapat dilatih
dikembangkan. Salah satu tipe pembelajaran adalah melalui bentuk: pelatihan. Hasil akhir
belajaran yang ditujukan dalam penelitian ini adalah sampai tahap kognitif level aplikasi.
. pelatihan disusun berdasarkan hasil analisa kebutuhan berkaitan dengan kondisi yang
u ditingkatkan pada keterampilan pra syarat Visual Discrimination subjek penelitian,
litian ini termasuk penelitian field experimental, yaitu kajian penelitian dalam situasi
dengan memanipulasi satu variabel bebas dan dengan mengontrol secara cermat
kondisi yang mungkin timbul dalam suatu situasi. Rancangan penelitian adalah Single Group
Pre-Test- Post-Test Design (Before-After), dengan melakukan pengukuran dua kali sebelum
clan dua kali sesudah pemberian treatment berupa pelatihan. Uji statistik yang digunakan
adalah uji Paired Sample T- Test dan yang menjadi subjek penelitian adalah target populasi,
'tu anak yang memiliki keterampilan Discrimination of Figure and Ground dengan tingkat
bmatangan yang kurang dan belum optimal
Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat
bterampilan Discrimination of Figure and Ground pada subjek penelitian sebelum dan
IeSUdah diberikan pelatihan (dengan taraf signifikasi 95%). Hal ini menunjukkan bahwa
'ek penelitian sudah lebih mampu untuk memfokuskan perhatiannya terhadap huruf yang
Ida pada suatu kata, mendiskriminasikan bentuk: bentuk: huruf yang beragam, serta
, dentifikasikanhuruf-huruf pada suatu kata. Di akhir penelitian ada beberapa saran
diajukan, baik dalam bentuk: teoritis maupun praktis, berkaitan dengan penelitian
telanjutnya dan hal-hal yang mendukung pengembangan keterampilan Discrimination of
Figure and Ground di dalam proses pra membaca.
No copy data
No other version available