Banten. Subyek penelitian ini adalah satu Offing anal. pervasive developmental disorder berusia 2 tahun 9 bulan (berinisial M), satu guru pendamping, dan dua guru pengganti yang kerap mendampingi anak tersebut, Data yang diperoleh dari asesmen menunjukkan bahwa M belum menguasai keterampilan dasar fungsional secara optimal sehingga ia soli! mengikut aktivitas bermain dan belajar di sekolah, Sedangkan dari pibak guru. tampak guru belum memadai dalam memberik:an stimulasi terhadap M. Selain ita, ada perbedaan earn pendampingan antarn guru yang satu dengan yang lain. Asesmen tersehut menunjukkan adanya kebutuhan akan suam pelatihan pendampingan anak berkebutuhan khusus, khusnsnya anak pervasive developmental disorder yang dirujukan bagi para guru; kebutuhan akan kegiatan hermain bagi M nntnk mengemhangkan keterampilan dasar fimgsionalnya, yang disertai dengan kegiatan monitoring; serta kebutuhan akan suam kebijakan seleksi guru pendamping bagi auak berkebutuhan kllUSUS. Berdasarkan kebutuhan terse but, maka disusunlah suam rancangan interveusi sebagai suatu rekomendasi, yaitu rancaugan mtervensi "Sekolahku Rumahku", yang terdiri dari : rancangan pelatihan "Menciptkan Rumah di Sekolah" bagi para gum, raneangan kegiatan bermain bagi M, rancangan kegiatan. monitoring bagi guru, dan rancangan seleksi guru pendamping. " />