Kualitas layanan perpustakaan universitas pendidikan indonesia analisis kualitas layanan dengan menggunakan model LibQual pada perpustakaan pusat universitas pendidikan indonesia bandung
Hada Hidayat Margana, NPM: 210420090004, 2012. Penelitian ini mengangkat judul
"KuaIitas Layanan Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia : AnaIisis KuaIitas
Layanan Dengan Menggunakan Model Libqual pada Perpustakaan Pusat Universitas
Pendidikan Indonesia Bandung". Program Pendidikan Magister Program Studi Ilmu
Komunikasi Konsentrasi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Padjadjaran Bandung
dengan Ketua Tim Pembimbing Dr. Eni Maryani, M.Si dan Anggota Tim Pembimbing Drs.
Agus Rusmana, M.A.
SejaIan dengan perkembangannya, peran perpustakaan telah mulai berubah, rentang
layanan perpustakaan dari pengembangan koleksi dan pengolahan sampai penyediaan akses
ke berbagai sumber informasi kini perannya lebih sebagai pembangkit pengetahuan dan
informasi secara umum. Akan tetapi, perpustakaan masih menghadapi masaIah yang cukup
kritis dalam menjaIankan organisasinya. MasaIah utama yang sering timbul adaIah kuaIitas
pelayanan kepada pemustaka. Seberapapun bagus dan lengkapnya gedung, koleksi maupun
sarana prasarana penunjang yang tersedia, jika pelayanannya kurang bermanfaat, maka
penyelenggaraan perpustakaan akan kurang efektif. Pentingnya pengukuran kuaIitas layanan
suatu perpustakaan perguruan tinggi bertumpu pada peningkatan produktivitas dan
keunggulan kompetitif daIam pelayanan serta hubungan yang erat antara pustakawan dengan
pemustaka.
F okus penelitian ini adaIah menganaIisis kualitas layanan perpustakaan berdasarkan
harapan dan persepsi pemustaka. Metode yang digunakan adaIah kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif anaIitis. Model pengukuran kuaIitas layanan yang digunakan adaIah
LibQual, yaitu mengukur kuaIitas layanan perpustakaan berdasarkan dimensi Affect of
Service (sikap pustakawan daIam melayani pemustaka), Information Control (Ketersediaan
koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place (perpustakaan sebagai sebuah
tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa nilai harapan yang dirasakan (perceived) pemustaka lebih besar daripada nilai harapan
minimum (minimum), waIaupun nilai harapan yang diinginkan (desired) lebih besar daripada
nilai perceived. Nilai Adequacy Gap menunjukkan nilai positif sedangkan nilai Superiority
Gap menunjukkan nilai negatif.. Kualitas layanan berdasarkan kesenjangan (gap) antara
harapan minimum, desired dan perceived menunjukkan bahwa kuaIitas layanan yang
diberikan teIah memenuhi harapan minimum pemustaka tetapi belum mencapai harapan yang
diinginkan karena kuaIitas layanan berada pada "Zone of Tolerance " dimana kuaIitas layanan
berada diantara tingkat harapan minimum yang diterima dan tingkat harapan yang diinginkan
(desired). Dengan demikian maka kuaIitas layanan Perpustakaan Pusat Universitas
Pendidikan Indonesia Bandung telah diterima baik oleh pemustaka waIaupun masih perlu
ditingkatkan. J enis pelayanan yang sangat mendesak untuk segera ditingkatkan adaIah unsur
keramahan, daya tanggap dan kepedulian pustakawan terhadap pemustaka serta penataan
koleksi.
No copy data
No other version available