Pengaruh Pelayanan Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Brebes Terhadap Kepuasan Pasien rawat Inap III
Kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit
UITIUI11 daerah (RSUD) di Kabupaten Brebes, dinilai masih belurn mernenuhi
kebutuhan dan harapan pasien, khususnya dalam hat ini adalah di bidang
pelayanan rawat inap kelas Ill. Sernua unit (direktorat) di RUl11ah Sakit UI11UIl1
Daerah (RSUD) Kabupaten Brebes diharapkan untuk lebih mengoptirnalkan
pelayanannya terrnasuk di bidang pelayanan rawat inap. Penelitian ini bertujuan
untuk rnenganalisis seberapa besar pengaruh pelayanan di RSUD Kabupaten
Brebes terhadap kepuasan pasien rawat inap Ill.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Besarnya Pengaruh Pelayanan Rurnah
Sakit UI11UI11 Daerah (RSUD) di Kabupaten Brebes Terhadap Kepuasan Pasien
Rawat lnap 1Il Ditentukan oleh Kepastian Hukurn, Keterbukaan, Partisipatif,
Akuntabilitas, Kepentingan UI11UI11, Profesionalisme, Kesamaan Hak, serta
Keseirnbangan Hak dan Kewajiban.
Metode yang digunakan dalarn penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan jenis penelitian survei explanatori (explanatory surveys). Pengumpulan
data rnenggunakan Studi Dokumentasi, Observasi, Kuesioner dan Wawancara.
Analisis data menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Variabel bebas
pelayanan diukur melalui dirnensi Kepastian Hukum. Keterbukaan, Partisipatif,
Akuntabilitas, Kepentingan UI11UI11, Profcsionalisme, Kesamaan Hak, serta
Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Variabel terikat dalam penulisan tesis ini
adalah kepuasan pasien rawat inap Ill.
Hasil penelitian menuniukkan bahwa pelayanan berpengaruh terhadap
kepuasan pasien rawat inap Ill. Semua dimensi berpengaruh terhaclap kepuasan
pasien rawat inap III dengau penilaian yang variatif, dimana dirnensi akuntabilitas
dan profesional isme l11el11 i I i ki pengaruh rendah terhadap kepuasan pasien rawat
inap II J. Sementara yang lainnya l11el11 i I iki pengaruh yang sangat rendah terhadap
kepuasan pasien rawat inap I I I.
No copy data
No other version available