Strategi Promosi Industri Garment Studi Kasus Promosi Produk Pakaian Tidur pada PT.Leading Garment Industries,Bandung
Regina Josephine. 210120110014. STRATEGI PROMOSI INDUSTRI
GARMENT, Studi Kasus Promosi Produk Pakaian Tidur pada PT. Leading
Garment Industries, Bandung. Ketua Tim Pembimbing Dr. Asep Suryana, M.Si.
dan Anggota Tim Pembimbing Prof. Dr. H. Soleh Soemirat, MS.. Program
Magister Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas
Padjadjaran.
Penelitian ini bertuj uan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi
yang telah diterapkan di PT. Leading Garment Industries sehingga perusahaan
tersebut dapat bertahan selama 33 tahun dengan mengutamakan produk
sleepwear untuk pangsa pasar internasional dan bersaing secara global dengan
menganalisis kondisi internal, eksternal, dan strategi promosi yang diterapkan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara internal, kegiatan promosi di
PT. LGI dilakukan oleh departemen marketing di bawah pengawasan supervisor
dan manajer marketing tanpa dasar strategis yang tertulis secara pasti dan jelas
namun melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Secara eksternal PT. LGT telah dikenal sejak lama sebagai produsen
sleepwear dengan orientasi ekspor berkualitas tinggi dan menjadi top of mind di
industri garment internasional dengan kualifikasi dan track record yang baik dari
sisi kualitas dan waktu serta sertifikasi yang up to date juga didukung oleh
hubungan yang baik dengan buyer atau agent yang telah terbina.
Strategi promosi dilakukan dengan memanfaatkan dua tools of promotion,
yaitu direct marketing dan personal selling di mana setiap staf marketing
menangani buyer atau agent tertentu agar promosi menjadi bersifat personal, dan
buyer atau agent merasa dilayani secara personal, serta terbangun hubungan
personal yang baik antara staf marketing tersebut dengan buyer atau agent.
No copy data
No other version available