Pengaruh implementasi strategi pendidikan erhadap efektivitas pelayanan pendidikan pada dinas pendidikan dan pengajaran kab. Jayapura
Fokus utama perhatian penelitian ini, terletak pada pengaruh implementasi
strategi pendidikan terhadap efektivitas pelayanan pendidikan. Cakupan telaah impleĀ
mentasi strategi pendidikan, terdiri dari : lingkungan organisasi, nilai-nilai
organisasi, dan sumber daya organisasi, sedangkan efektivitas pelayanan pendidikan
dilihat dari dimensi : orientasi pelayanan pendidikan dan akomodasi kebutuhan
publik di bidang pendidikan.
Upaya menjawab permasalahan tersebut, ditujukan untuk memperoleh
gambaran nyata tentang implementasi strategi pendidikan dalam rangka peningkatan
ejektivitas pelayanan pendidikan, dengan mengukur besarnya pengaruh yang
dikomribusikan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan pendidikan. Sekaligus
mendapatkan model imple-mentasi strategi pendidikan yang responsif. Temuan model
tersebut didasarkan pada fakta-fakta empiris dan dikonsultasikan dengan Model
E-V-R Thompson. Desain penelitian ini berbasis utama pendekatan survey yang
dikombinasi dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini menggunakan
respond en dan informan serta hasil pengamatan dalam menjaring data primer.
Responden ditetapkan .berdasarkan teknik sampling proporsional dan informan
ditentukan berdasarkan teknik snowball
Temuan ipenelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat
diterima, kecuali berkenaan dengan aspek lingkungan organisasi. Di mana :
(1) efektijitas pelayanan pendidikan ditentukan oleh pengaruh implementasi strategi
pendidikan secara signifikan. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa .
nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel: Signifikasi pengarub tersebut 'dikontribusi
oleh aspek sumberdaya organisasi yang dinilai telah memadai, kecuali dari segi
inovasi teknologi yang belum direspon secara optimal Dan, aspek nilai-nilai
organisasi, kecuali dari segi kepemimpinanorganisasi yang masih cenderung
mengarah ke otokratik yang mereduksi kreativitas dan inisiaif pelaksana. Kondisi itu
telah menggiring terjadinya "strategic drift". (2) Dimensi-dimensi efektivitas
pelayanan publik yang meliputi : orientasi pelayanan pendidikan dan akomodasi
kebutuhan publik, dit(mtukan secara parsial oleh pengaruh signifikan dari aspek
nilai-nilai organisasi dan aspek sumberdaya organisasi, sedangkan pengaruh
lingkungan organisasi tidak signifikan Dengan demikian; aspek yang paling dominan
mempengaruhi efektivitas pelayanan pendidikan adalah aspek sumberdaya organisasi
dan aspek yang paling kecil pengaruhnya adalah aspek lingkungan organisasi.
Kecilnya pengaruh aspek lingkungan, disebabkan oleh terdapatnya kecenderungan
kuat mengabaikan pentingnya segi-segi politik, geografis, kependudukan, dan potensi
sumberdaya alam sebagai matra lingkungan eksternal: Dengan demikian, dapat
dikatakan bahwa orientasi pelayanan pendidikan dan akomodasi kebutuhan publik
ditentukan oleh besarnya dukungan nilai-nilai organisasi dan sumberdaya organisasi:
No copy data
No other version available