Pelayanan pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama di Kab. Jayawijaya Prov. Papua
Penyelenggaraan pelayanan pendidikan merupakan salah satu proses
pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pemberian kemampuan kepada setiap
individu selaku warga negara untuk dapat memberi makna terhadap kemampuan
pengetahuan dan keterampilan terhadap dirinya dan lingkungan. Pelayanan
pendidikan terutama pada jenjang Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SL TP)
bertujuan untuk memberikan kemampuan untuk berkembang sehingga bermanfaat
untuk kepentingan hidup, dan kegiatan pendidikan dilakukan dalam lingkungan
sekolah. Penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Jayawijaya walaupun telah
berjalan secara normal, namun tingkat pelayanannya masih rendah.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengungkapkan mengapa
pelayanan pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama di Kabupaten Jayawijaya
rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian adalah
peneliti sendiri. Aspek pelayanan pendidikan dalam pembahasan hasil penelitian
mengacu aspek kualitas pelayanan pada pelayanan pendidikan meliputi aspek
tampilan fisik (tangible), aspek kehandalan (reliability), aspek daya tanggap
(responsiveness), aspek keterjaminan (assurance) dan aspek empati (empathy).
Hasil penelitian menggambarkan bahwa pelayanan pendidikan SL TP di
Kabupaten Jayawijaya masih rendah, karena berhubungan dengan kurang
memadai dan meratanya sarana prasarana dan fasilitas pendidikan, penyebaran
tenaga pendidik yang tidak merata, kurangnya daya tanggap pemerintah dalam
memberikan pe1ayanan pendidikan sesuai harapan masyarakat, kurangnya
jaminan akses pendidikan kepada masyarakat dan kurangnya perhatian
pemerintah sebagai upaya perbaikan pelayanan pendidikan.
No copy data
No other version available