Implementasi kebijakan pendidikan dan pelatihan (studi tentang pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III di badan pendidikan dan pelatihan daerah provinsi jawa barat)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya masalah bahwa masih
terdapat berbagai kelemahan dalam implementasi kebijakan Pendidikan dan
Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III (Diklatpim Ill) yang dilaksanakan di Badan
Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Badiklatda) Provinsi Jawa Barat. Tujuan
penelitian ini adalah memperoleh konsep bagi pengembangan ilmu administrasi
negara, khususnya dalam pengernbangan ' kajian implementasi kebijakan
pendidikan dan pelatihan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
analisis deskriptif. Teknik penelitian dilakukan dengan cara observasi langsung
kelapangan, wawancara mendalam dengan informan dan ditindaklanjuti dengan
studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Diklatpim
III di Badiklatda Provinsi Jawa Barat telah dilaksanakan, namun belum
sepenuhnya berjalan efektif. Komunikasi dalam pelaksanaannya masih belum
mampu menerjemahkan esensi kebijakan sesuai dengan sasaran dan tujuan
kebijakan; Sumber day a belum memberikan kontribusi berarti terhadap
keberhasilan implementasi kebijakan dapat dilihat dari kurangnya dukungan
kualitas sumber daya aparatur baik tenaga pengajar maupun penyelenggara diklat,
serta kurangnya dukungan sumber daya anggaran; Disposisi atau sikap pelaksana
belum memberikan kontribusi yang berarti terhadap keberhasilan implementasi
kebijakan dapat dilihat dari sikap aparat penyelenggara, sikap widyaiswara, sikap
peserta maupun sikap kelembagaan Badiklatda Provinsi Jawa Barat dalam
mendukung keberhasilan implementasi kebijakan diklat; Struktur birokrasi telah
memberikan kontribusi baik terhadap keberhasilan implementasi kebijakan dapat
dilihat dari adanya kelengkapan standar operasional prosedur, besarnya struktur
kepanitiaan, kerjasama dan koordinasi yang dilakukan pihak-pihak yang terlibat
dalam kebijakan diklat, baik secara internal maupun eksternal.
Temuan dari penelitian ini adalah bahwa yang paling memengaruhi dalam
implementasi kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III
(Diklatpim Ill) adalah: "Komitmen pimpinan, mulai dari komitmen pimpinan unit
kerja sampai dengan kepala daerah. Hal ini diyakini, bahwa dengan kualitas
komitmen pimpinan akan mewarnai terhadap implementasi kebijakan diklat,
khususnya pelaksanaan Diklatpim TTT di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah
(Badiklatda) Provinsi Jawa Barat mulai dari seleksi dan penetapan peserta diklat,
proses diklat, sampai dengan proyeksi penempatan jabatan bagi alumni peserta
diklat. Dengan kualitas komitmen pimpinan yang baik pula, peserta diklat akan
. memiliki motivasi yang tinggi, yang tentunya juga akan memengaruhi terhadap
kualitas penyelenggara diklat yang lebih baik maupun kebutuhan terhadap
kualitas widyaiswara".
No copy data
No other version available