Pengaruh Motivasi Dan Perilaku Aparatur Birokrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kota Palu
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan kesehatan di
Kota Palu yang dilakukan di Puskesmas selaku pengelola teknis yang belum
optimal, motivasi dan perilaku aparatur birokrasi dalam memberikan perlayanan
masih rendah. Penelitan ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis, serta
mendapatkan konsep barn tentang teori motivasi dan perilaku aparatur birokrasi
terhadap kualitas pelayanan kesehatan. .
Metode yang digunakan adalah explanatory survey method dengan
pendekatan kuantitatif Teknik penarikan sampel yaitu cluster sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, dengan jumlah responden 125 orang
bidan dan perawat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Model
Persamaan Struktural dengan uji statistika adalah uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
motivasi aparatur birokrasi terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas
Kota Palu. Hal ini bermakna bahwa motivasi memberikan pengaruh lebih baik
terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Dimensi motivasi yang paling dominan
pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan adalah dimensi eksistensi.
Sedangkan perilaku aparatur pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan
kesehatan di puskesmas Kota Palu dikategorikan cukup. Dimensi perilaku yang
paling dominan pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan kesehatan adalah
dimensi tanggung jawab.
No copy data
No other version available