Perilaku aparat birokrasi dalam penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB) di kota Palu Sulawesi tengah
Perilaku aparat Birokrasi dalam Penelitian ini bertolak dari terjadinya proses
interaksi individu dengan oranganisasi. Interaksi terse but melibatkan karakter manusia
yang kompleks, diantaranya adalah perilaku kerja aparat birokrasi dalam pelayanan
penerbitan izin mendirikan bangunan di Kota Palu. belum berjalan sebagaimana
mestinya, hal tersebut di indikasikan masih muncul perilaku aparat birokrasi yang
bersifat disfimgsional, dan rendahnya perilaku kerja dalam memberikan pelayanan
kepada pemohon IMB.
Untuk itu penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu
Kota Palu provinsi sulawesi Tengah dengan maksud untuk memahami perilaku aparat
birokrasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tekhnik
pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kerja aparat birokrasi dapat dipahami
melalui karakter perilaku yang efesien, efektif, produktif, bersih, beribawa,
professional, kreatif, inovatif, Transparan, tanggap, peka, antisipatif, perilaku visioner
Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perilaku kerja yang ditampilkan
aparat birokrasi dalam menerbitkan atau memberikan pelaynanan IMB belum
memenuhi keinginan dan kebutuhan sesuai dengan harapan masyarakat, ha! tersebut
disebabkan oleh adanya kepentingan serta Fasilitas yang kurang lengkap akan
mempengaruhi perilaku kerja aparat birokrasi dalam penerbitan IMB. Semakin baik
sarana yang disediakan oleh organisasi akan berdampaki semakin baiknya perilaku
kerja seorang dalam mencapai tujuan atau hasil yang diharapkan
No copy data
No other version available