Pengaruh implementasi kebijakan bantuan operasional sekolah terhadap kualitas pelayanan pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Tanggerang prov. Banten
Penelitian ini bertujuan ' untuk mengetahui hubungan antara Implementasi
Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah dengan Kualitas Pelayanan Pendidikan
pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang Provinsi Banten.
Adapun yang menjadi objek penelitian adalah terlaksananya kualitas pelayanan
pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang, yang
diamati dari Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah. Masalah
dalam penelitian ini yang dikaji adalah pengaruh Implementasi Kebijakan
Bantuan Operasional Sekolah dengan Kualitas Pelayanan Pendidikan pada
Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Tangerang.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan
kuantitatif, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Analysis Structural
Equation Models (Analysis SEM AMOS). Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan penyebarkan kuesioner kepada masyarakat, studi kepustakaan dan
wawancara secara langsung yang dilakukan masyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Bantuan
Operasional Sekolah pengaruhnya signifikan terhadap Kualitas Pelayanan
Pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri, Oleh karena itu untuk
mengefektifkan aktivitas bagi keberhasilan Implementasi Kebijakan Bantuan
Operasional Sekolah dengan dimensi policy standards and objectives; the
resources and incentives; the quality of inter-organizational relationship; the
characteristics of the implementation agencies; the economic, social and political
envirionment; dan the 'dispositon' or response of the implementers terhadap
kualitas pelayanan pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri penerima
Bantuan Operasional Sekolah. Dengan kata lain bahwa implementasi kebijakan
bantuan Operasional sekolah yang semakin baik mempengaruhi kualitas
pelayanan pendidikan semakin tinggi pula.
No copy data
No other version available