Pengaruh Perilaku Birokrasi Terhadap Kualitas Pelavanan Bidang Kependudukan Di Kota Tangerang
Fenomena yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah perilaku
birokrasi pemerintahan dalam pemberian pelayanan kependudukan kepada
masyarakat di Kota Tangerang. Instansi yang dijadikan lokus penelitian adalah
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Litbang Statistik, Badan
Perencanaan Pembangunan dan 13 Kecamatan di Kota Tangerang. Tujuan
Penelitian ini adalah memperoleh konsep baru mengenai perilaku birokrasi
pemerintahan dalam pemberian pelayanan kependudukan sebagai sumbangan
terhadap pengembangan ilmu pemerintahan.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan
data sekunder menggunakan studi kepustakaan, studi dokumen dan observasi.
Pengumpulan data primer menggunakan penyebaran angket dan teknik
wawancara. Pengolahan data menggunakan metode analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, perilaku birokrasi di Kota Tangerang dilihat
dari disain pekerjaan, rentang kendali, sistem karier serta penghargaan dan sanksi
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan bidang
kependudukan. Diantara keempat dimensi yang dianalisa bahwa dimensi disain
pekerjaan yang berindikatorkan visi dan misi organisasi, spesifikasi tugas, job
description, rutinitas pekerjaan dan umpan balik memberikan kontribusi bagi
meningkatnya kualitas pelayanan kependudukan yang dinilai paling kuat
dibanding dimensi lainnya.
No copy data
No other version available