Pengaruh implementasi kebijakan standar Nasional pendidikan terhadap kualitas pelayanan pendidikan pada sekolah menengan atas negeri di kota administrasi Jakarta Selatan
Fenomena yang dijadikan obyek penelitian adalah kualitas pelayanan
pendidikan pada Sekolah Mengah Atas Negeri di Kota Administrasi Jakarta
Selatan yang belum optimal. Tujuan penelitian adalah membahas pengaruh
implementasi kebijakan standar nasional pendidikan terhadap kualitas pelayanan
pendidikan pada Sekolah Menengah Atas Negeri, dan memperoleh konsep barn
bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutarna pengembangan Ilmu
Pemerintahan.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode
survey sample. Sampel penelitian 243 orang terdiri dari 132 unsur pegawai
instansi pendidikan dan 111 guru dan komite sekolah. Pengumpulan data
sekunder menggunakan studi kepustakaan, pengumpulan data primer
menggunakan teknik kuesioner, untuk memaharni situasi dan kondisi obyek
penelitian dilakukan observasi. Analisis data menggunakan Analisis SEM
(Structural Equation Model Analysis) dengan program PLS (Partial Least
Square). Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
Terdapat pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan
terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Administrasi
Jakarta Selatan. Besanya pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Nasional
Pendidikan terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan pada SMA Negeri di Kota
Administrasi Jakarta Selatan ditentukan oleh komuniksi, sumber daya, disposisi
dan struktur birokrasi. Adanya pengaruh terse but bermakna bahwa di antara
Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan dengan Kualitas Pelayanan
Pendidikan terjalin suatu hubungan kaausalitas yang bermakna : apabila
Implementasi Kebijakan Standar Nasional ditingkatkan atau meningkat maka
peningkatan tersebut diikuti dengan peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan.
No copy data
No other version available