Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Informasi Publik Pada Lembaga Kearsipan Di Wilayah Provinsi DKI Jakarta
Isu pokok penelitian 1111 mengenai perilaku birokrasi dalam pelayanan
informasi publik pada lembaga kearsipan di provinsi DKI Jakarta. Pertanyaan
penelitian bagaimana perilaku birokrasi dalam pelayanan informasi publik pada
lembaga tersebut dijawab dengan menggunakan teori perilaku birokrasi dan
pelayanan publik.
Penelitian ini menggunakan peneliti sebagai instrumen penelitian dengan
pendekatan methode deskriptif kualitatif naturalistic. Pengumpulan data dilakukan
dengan passive participant observation, in depth interview pada pejabat struktural
yang berkompeten dan pejabat fungsional arsiparis, serta melakukan studi
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan flow model of
analysis.
Kesimpulan hasil penelitian menyatakan perilaku birokrasi dalam
pelayanan informasi publik kurang baik, karena belum melaksanakan konsep
perilaku birokrasi pelayanan yang bersifat adil, peduli, disiplin, peka, dan
tanggung jawab. Temuan penelitian untuk pengembangan ilmu pemerintahan,
bahwa selain kelima sifat perilaku birokrasi dalam pelayanan informasi publik
arsip negara (arsip statis) pada lembaga kearsipan, faktor lain yang turut
menentukan adalah kemampuan seorang arsiparis sebagai petugas layanan dalam
intensitas komunikasi dengan pengunjung/pengguna arsip statis.
No copy data
No other version available