Ideologi Gender Majalah Remaja (Analisis Wacana Kritis Ideologi Gender Majalah Gadis)
IDEOLOGI GENDER MAJALAH REMAJA (Analisis Wacana Kritis Ideologi
Gender Majalah Gadis). T. Titi Widaningsih 170230080017, Disertasi dengan
Ti.m Promotor: Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS. (Ketua) Dr. Hj. Betty RFS.
Soemirat, Dra.,MS (Anggota) Prof. Dr. Hj. Mien S. Hidayat, Dra.,MS. (Anggota)
1
1
I
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecenderungan ideologi gender yang ada
pada majalah remaja Gadis dengan melihat bagai.mana realitas peran gender
yang digambarkan oleh wanita pada majalah Gadis, bagaimana landasan
ideologi gender yang digunakan sebagai konsep dasar majalah Remaja Gadis,
dominasi ideologi gender tertentu yang berada di belakang penerbitan majalah
Gadis, struktur gender praktek institusional dan sosial dalam industri majalah
remaja Gadis dan posisi wanita dalam proses produksi dalam industri majalah
Gadis.
Perangkat yang digunakan dalam menemukan kecenderungan ideologi gender
majalah remaja Gadis adalah pendekatan subyektif dengan Analisis Wacana
Kritis (critical discourse Analysis) Nourman Fairclough yang meliputi analisis
tingkat mikro/teks , meso/praktik kewacanaan dan makro/praktik: sosiokultural.
I
Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah Gadis mengkontruksi berbagai
peran gender seperti peran gender publik, peran gender reproduksi, peran ganda,
peran sosial. Majalah Gadis mengkontruksi "peran gender barn" bagi remaja
putri yaitu peran sosialita! Socialite. Teks majalah Gadis mengandung berbagai
ideologi gender seperti Ideology patriarchy (private, public), ideologi lbuisme,
ideologi egaliter, ideologi Umum yang berupa nilai pemingitan (seclusion),
nilai pengucilan, nilai feminitas perempuan (exclusion) dan ideologi gender
kosmopolit. Ideologi dominan yang mempengaruhi majalah Gadis adalah ideologi
kapitalisme patriarki yang dipengaruhi oleh berbagai kepentingan baik
kepentingan politik atau kepentingan pemilik modal. Struktur gender dalam
industri majalah Gadis melibatkan hubungan antara kapitalistik dengan patriarki.
Posisi perempuan mendominasi industri majalah remaja Gadis nainun majalah
Gadis tidak memiliki sensitif gender, mengabaikan berbagai persoalan gender,
karena dalam proseskonstruksi informasi ditentukan oleh berbagai faktor
seperti sumber berita, iklan, pelanggan, pemerintah, pasar, teknologi din
struktur kekuasaan melalui berbagai aturantidak berpihak pada perempuan.
No copy data
No other version available