Konstruksi Capres Dan Wapres Dalam Media Massa (studi analisis wacana kritis terhadap wacana politik editorial surat kabar kompas dan rakyat merdeka dalam kampanye Pilpres RI 2009
Judul penelitian: "KONSTRUKSI CAPRES DAN W APRES DALAM
MEDIA MASSA: Studi Analisis Wacana Kritis Terhadap Wacana Politik
Editorial Surat Kabar Kompas dan Rakyat Merdeka Dalam Kampanye Pilpres
RI 2009", Syaifuddin, NPM. : 170230080029, 628 Halaman, 17 Tabel, 4
Gambar, 7 Lampiran, 255 Daftar Pustaka (1973-2013).
Tujuan Penelitian : 1). Mengetahui wacana Capres dan Wapres pada teks
editorial surat kabar Kompas dan Rakyat Merdeka pada peristiwa kampanye
Pilpres RI 2009. 2). Mengetahui wacana Capres dan Wapres pada sistem
produksi dan konsumsi teks (discourse practice) editorial surat kabar Kompas
dan Rakyat Merdeka pada peristiwa kampanye Pilpres RI 2009. 3). Mengetahui
wacana Capres dan Wapres pada praktek sosiokultural (sociocultutal practice)
editorial surat kabar Kompas dan Rakyat Merdeka pada peristiwa kampanye
Pilpres RI 2009. 4). Mengetahui ideologi surat kabar Kompas dan Rakyat
Merdeka melalui editorial surat kabar tersebut terkait Capres dan Wapres pada
peristiwa kampanye Pilpres RI 2009.
Metode Penelitian: Kualitatif dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis,
Paradigma Penelitian: Paradigma Kritis,
Hasil Penelitian: 1). Konstruksi teks eklektif Kompas berpihak kepada
Capres Megawati SP, negatif pada SBY-Boediono, positif pada JK-Wiranto.
Sedangkan Rakyat Merdeka negatif pada Megawati SP, berpihak kepada SBY
Boediono, positifpada JK-Wiranto.
2). Konstruksi praktek wacana Kompas dipengaruhi standarisasi
manajemen modem, peran dominan elit dan birokratisasi redaksi, segmen pasar,
nilai-nilai demokrasi Pancasila, nasionalisme, multikulturalisme dan humanisme
transenden. Sedangkan Rakyat Merdeka dipengaruhi kedekatan emosional
owner dengan SBY, kebebasan Tim Redaksi, segmen pasar yang luas,
keberpihakan kepada politik pembaca, kapitalisme global dan demokrasi.
3). Konstruksi praktek sosiokultural Kompas dipengaruhi faktor politik
kemanusiaan, pengiklan, pembaca, persaingan antar media, keberadaan
supporting corporation, demokrasi yang kacau, sistem ekonomi monopolistik
dan kapitalistik. Konstruksi Rakyat Merdeka dipengaruhi faktor ekonomi politik
owner, sistem politik oligarki dan ekonomi monopolistik.
4). Kompas berideologi kemanusiaan, demokrasi Pancasila, nasionalisme,
multikulturalisme, humanisme transendetal, dan kapitalisme pinggiran. Tujuan
akhimya "kekuasaan ekonomi H. Rakyat Merdeka berideologi kapitalisme global
dan demokrasi. Praktek monopoli: ekonomi dan korporasi dengan tujuan.akhir
mengakumulasi "kekuasaan ekonomi" untuk mencapai "kekuasaan politik".
No copy data
No other version available