Pengaruh iklim komunikasi organisasi dan aliran informasi terhadap kepuasan anggota melalui...
ABSTRAK
Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah tentang Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi dan Aliran Informasi terhadap Kepuasan anggota melalui pelaksanaan pelayanan yang dikembangkan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis tentang: Sejauhmana pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap pelaksanaan pelayanan, pengaruh aliran informasi terhadap pelaksanaan pelayanan serta pengaruh pelaksanaan pelayanan terhadap kepuasan anggota Ikatan Pustakawan Indonesia.
Metode yang digunakan adalah survei eksplanatori, dengan teknik pengumpulan data berupa angket, yang disebarkan kepada anggota IPI dari 25 provinsi yang menjadi responden dengan jumlah sampel 158 orang.Data primer diperoleh dengan menggunakan angket yang dirancang sesuai dengan keperluan penelitian dan observasi. Data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi. feftgertann--- data menggunakan metode successive interval. Uji hepotesis analisis jalur (Path Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, iklim komunikasi organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap pelaksanaan pelayanan Ikatan Pustakawan Indonesia. Ditelaah dari perspektif iklim komunikasi, temuan penelitian ini menunjukkan adanya Ambungan- yang kuat antara iklim komunikasi organisasi dan pelayanan maka upaya menata organisasi IPI_identik dengan upaya membangun iklim komunikasi organisasi tersebut, yang sejalan dengan pengembangan fungsi Ikatan Pustakawan, dan pelaksanaan pelayanan kepada para anggotanya. Ikiim komunikasi organisasi untuk mendukung sistem manajemen, pola kepemimpinan dan kinerja organisasi profesi tersebut tampaknya masih dalam proses pembentukan.
Aliran informasi berpengaruh secara signifikan terhad laksan ; . n. pelayan an
dalam lingkungan kerja IPI. Pengurus WI pusat :' Ic";"".. n . 'menjalankan fungsi, peran dan kewajibannya sebagai pembina dan wadah para pustakawan dari seluruh Indonesia. Para pustakawan tersebut sebagai anggota IPI Pusat membutuhkan pelayanan dari pengurus Pusat.
Iklim Komunikasi Organisasi dan Aliran Informasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Pelaksanaan Pelayanan. Karena Iklim organisasi menghasilkan efek langsung kepada kepuasan dalam komunikasi
organisasi, yang menimbulkan hasil kinerja yang lebih baik untuk mencapai ,.
tujuan dari organisasi. Informasi arah kebijalcan atau kegiatam IPI Pusat kurang
terekspos secara teratur dan kontinyu baik meta , i media cetak maupun , 4 0
elektroni rosedur waktu pelayanan yang dilakukan oleh
kir
, dan pelaksanaan pelayanan WO 'berpengaruh et—tfiiiap
l
k
kepuasan rena ketepatan, kecepatan dan wa pengurus IPI masih jauh dari harapan .para anggota, serta teknologi dan sistem yang digunakan dalam pelayanan dinilai belum memuaskan. Profesionalisme dan kompetensi pengurus pusat dalam pelaksanaan pelayanan yang berorientasi kepada kepentingan anggota merupakan determinan penting yang menentukan dalam proses pelayanan untuk memuaskan para angota IPI.
No copy data
No other version available