Gaya Mendalang Murid-Murid Asep Sunandar Sunarya (studi fenomenologi komunikasi dalang wayang glek purwa)
Wayang golek purwa di Jawa Barat, sejak dulu sampai sekarang selalu
melekat dengan nama dalangnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis gaya
mendalang sebagai cara berkomunikasi para dalang wayang golek purwa di Jawa
Barat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan fenomenologi yang mencermati
fenomena-fenomena pertunjukan wayang golek purwa oleh murid ... murid Asep
Sunandar Sunarya. Data-data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara
pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, dan refleksi diri, serta dilakukan
analisis dokumen dan pendokumentasian dari gejala-gejala mendalang yang terekam.
Hasil penelitian tentang gaya mendalang murid-murid Asep Sunandar Sunarya
menunjukkan bahwa; Asep Sunandar Sunarya berhasil memotivasi beberapa anak
muda ingin belajar menjadi seorang dalang wayang golek purwa, Asep Sunandar
Sunarya dan padepokannya Giriharja 3 menjadi tempat belajar untuk siapapun yang
ingin belajar gaya mendalang. Banyak anak muda yang belajar gaya mendalang
padanya, namun hanya beberapa orang saja yang muncul menjadi dalang cukup
populer. Dalang-dalang murid Asep Sunandar Sunarya dapat dikategorikan sebagai
'dalang Turunan-Katurunan- Tuturunan.
Gaya mendalang sebagai bentuk komunikasi dalang murid-murid Asep
Sunandar Sunarya diwariskan melalui tahap-tahap sebagai berikut: guru panggung
yaitu menonton pertunjukan secara langsung yang di dalamnya terdapat gungc/o
(menonton berkali-kali sampai menjadi kenangan yang tak dapat dilupakan), guru
langsung yaitu berguru langsung kepada dalang Asep Sunandar Sunarya. Kenyataan
lain terdapat cara pewarisan yang disebut guru tak langsung yaitu belajar dari
rekaman kaset dan VCD dalang Asep Sunandar Sunarya.
Empat dalang muda yang dianggap menjadi pewaris gaya mendalang Asep
Sunandar Sunarya yaitu Dadan Sunandar Sunarya sebagai dalang Turunan, Opik
Sunandar Sunarya dan Riswa Sunandar Sunarya sebagai dalang Katurunan, Rahmat
Sunandar Sunarya sebagai dalang Tuturunan. Empat dalang muda ini cukup populer
dan memiliki pilihan gaya komunikasi meridalang masing-masing melalui
keterampilan mendalangnya. Gaya mendalang sebagai bentuk komunikasi dalang
telah berhasil mereka sajikan kepada masyarakat pecinta wayang golek purwa di
Jawa Barat.
No copy data
No other version available