Representasi Pelayanan Kedokteran Dan Kesehatan Di Situs Internet (Studi diskursus Pelayanan Informasi dan Konsultasi Tentang Kedokteran dan Kesehatan RSUD Banyumas dan RS Ananda di Situs Internet)
Penelitian nu berawal dari anggapan bahwa terdapat berbagai eara yang
dilakukan baik oleh individu, kelompok, atau lembaga yang mengemas berbagai
kepentingan dan ideologi dalam bentuk kesadaran akan kebenaran dalam sebuah
teks, gambar, dan kalimat. Bila ditinjau lebih jauh, kemasan itu hanyalah semu,
palsu, dan kedustaan akan realitas itu sendiri. Dibalik teks dan gambar yang
dianggap mulia sebenarnya tersembunyi berbagai kepentingan dan ideologi.
Pelayanan kedokteran dan kesehatan RSUD Banyumas dan RS Ananda di situs
internet diakui ban yak mengandung berbagai kepentingan dan ideologi. Apa yang
tersembunyi dibalik teks pelayanan kedokteran dan kesehatan, sebenarnya agenda
yang ingin dieapai oleh kedua rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian
kritis dengan metode CDA (Critical Discourse Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs RSUD Banyumas mengkonstruksi
pelayanan informasi kedokteran dan kesehatan sebagai pelayanan yang
memuaskan, lengkap dan prima. Situs RS Ananda mengkonstruksi pelayanan
informasi kedokteran dan kesehatan sebagai pelayanan yang memuaskan, lengkap
dan unggulan. Dalam pelayanan konsultasi kedokteran dan kesehatan, situs RSUD
Banyumas mengkonstruksi pelayanan konsultasi sebagai pelayanan konsultasi
yang memberikan solusi. Situs RS Ananda mengkonstruksi pelayanan konsultasi
kedokteran dan kesehatan sebagai pelayanan konsultasi yang memberikan
manfaat. Dalam pelayanan informasi, situs RSUD mengkonstruksi pelayanan
informasi sebagai pelayanan yang memuaskan, lengkap, dan prima karena dari
sejarahnya RSUD ini merupakan rumah sakit pemerintah yang mengabdi kepada
kepentingan masyarakat dan negara. Sedangkan RS Ananda selain pelayanan
memuaskan dan lengkap lebih menekankan pelayanan unggulan karena sebagai
rumah sakit swasta, RS Ananda harus bersaing dengan rumah sakit lain untuk
mendapatkan pasien yang menyumbang seeara finansial untuk kelangsungan
rumah sakit. Untuk pelayanan konsultasi kedokteran dan kesehatan, situs RSUD
mengkonstruksi pelayanan konsultasi yang memberikan solusi sedangkan situs RS
Ananda menekankan pelayanan konsultasi bermanfaat.
Ideologi yang muneul dibalik pelayanan kedokteran dan kesehatan di kedua
situs adalah budaya konsumerisme, kapitalisme, dan formalisme. Dengan
pelayanan kedokteran dan kesehatan di internet, masyarakat didorong untuk terus
mengkonsumsi teks-teks pelayanan kedokteran dan kesehatan dan pada akhirnya
pelayanan bentuk ini dianggap normal dan wajar dan tidak dipermasalahkan.
Selain itu, bentuk pelayanan ini mengokohkan nilai-nilai kapitalisme global.
No copy data
No other version available