Komunikasi Korupsi (studi etnografi komunikasi tentang bahasa yang digunakan dalam aktivitas korupsi, kolusi, dan Nepotisme
Aceng Abdullah, 170230080P26, Disertasi, 2013, "Komunikasi Korupsi", (Studi
Etnografi Komunikasi tentang Penggunaan Bahasa dalam Aktivitas Korupsi,
Kolusi dan Nepotisme), Promotor: Prof.Dr.Deddy Mulyana MA, Prof.Dr.Engkus
Kuswamo,MS, Dr.Betty RFS Soemirat,MS, Program Pasca Sarjana Universitas
Padjadjaran
Indonesia sejak lama selalu ditempatkan sebagai salah satu negara paling
korup di dunia. Karena itu korupsi di Indonesia dinilai sebagai kejahatan luar
biasa yang keberadaannya muncul di segala lini. Korupsi pun dinilai sudah
menjadi budaya bagi orang Indonesia karena sudah berlangsung sejak ratusan
tahun lalu. Sebagai sebuah bagian dari budaya, dalam praktiknya korupsi
memiliki "bahasa" tersendiri yang digunakan oleh para pelakunya ketika mereka
berinteraksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui I) masyarakat tutur pengguna
bahasa korupsi, 2) komponen komunikasi, 3) aktivitas komunikasi, 4) kompetensi
komunikasi dan 5) varietas bahasa korupsi. Metode yang digunakan adalah
kualitatif dengan pendekatan teori sosiokultural dan jenis studi interaksi simbolik.
Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan berperanserta dan
studi referensi. Wawaneara dilakukan terhadap mantan terpidana korupsi, mantan
narapidana, pengusaha rekanan pemerintah, kontraktor, birokrat, pengaeara, serta
masyarakat umum.
Hasil penelitian menunjukan bahwa I) Penggunaan bahasa korupsi tidak
dibatasi oleh batas geografi dan demografi, tetapi penggunanya ada dimana-mana.
2) Bahasa korupsi juga memenuhi persyaratan komponen komunikasi dari Dell
Hymes. 3) Aktivitas komunikasi menunjukkan adanya dua belas karakteristik
tentang bahasa korupsi. Sedangkan 4) kompetisi komunikasi sedikitnya
mengharuskan para penggunanya menguasai ;" a) penguasaan linguistik, b)
keterampilan interaksi dan c) pengetahuan budaya, dan terakhir, 5) varietas bahasa
korupsi dapat dibagi berdasarkan; a) verbalitas, b) eara pengungkapan, c) strategi
komunikasi, d) istilah yang digunakan.
ii
No copy data
No other version available