Pembelian Rumah Mewah Sebagai Implikasinya Dari Sikap Konsumen Dengan Determinasi Nilai Produk, Kreativitas Iklan Dan Nilai Budaya (Survey Pada Industri Real Estate di Wilayah Jabodetabek)
Salah satu kebutuhan ==. manusia adalah temp at tinggal, yang semng
perkembangannya menjadi cermin citra penghuninya berupa kepemilikan rumah
mewah. Prospek viiteratu real estate di Jabodetabek yang baik mengakibatkan
tingginya minat pembelian rumah mewah yang 'mengakibatkan peningkatan harga,
sementara kondisi lingkungan sangat bersifat kontra produktif karena kemacetan
lalu lintas bencana banjir. Diduga pengembang gencar mengkomunikasikan
keunggulan nilai produk melalui iklan yang kreatif. Di sisi lain terdapat nilai
budaya yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi sikap sikap konsumen.
Konsumen mempertimbangkan nilai produk, kreativitas iklan dan nilai budaya
dalam membeli rumah mewah. Oleh karena itu diperlukan penelitian nilai
produk, kreativitas iklan dan nilai budaya, serta pengaruhnya terhadap
pembentukan sikap konsumen. Keunggulan nilai produk merupakan konstruk
yang dibentuk oleh lokasi, lingkungan, kepastian hukum, kualitas material dan
desain bangunan. Kreativitas iklan dibentuk oleh keunggulan ide, melibatkan
endorser, daya tarik dan efektivitas iklan. Nilai budaya dibentuk oleh keyakinan
bahwa rumah dapat mendatangkan keberuntungan, kesehatan dan kenyamanan.
Sikap konsumen berupa cognitive response, affective response dan viiteratu
(intention) response. Untuk mendapatkan gambaran hubungan antara nilai
produk, kreativitas iklan, nilai budaya dan sikap konsumen diteliti dengan
menggunakan metode deskriptif dan veri fikati f. Nilai budaya, selain sebagai
sebagai variable independen, digunakan pula sebagi moderator untuk memperkuat
pengaruh nilai produk dan kreativitas iklan terhadap sikap konsumen. Unit
analisis penelitian ini adalah individu yang akan membeli rumah mewah di
Jabodetabek. Terpilih 217 individu melalui purposive sampling. Data diperoleh
melalui observasi, kuesioner, interview, dokumentasi dan studi viiterature.
Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling yang dioperasikan
melalui program Lisrel 8.7. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh
yang kuat antara nilai produk, kreativitas iklan, nilai budaya terhadap sikap
konsumen, baik secara parsial maupun simultan. Nilai produk memiliki
kontribusi terbesar pada pembentukan sikap konsumen, disusul kreativitas iklan
dan nilai budaya. Diketahui pula bahwa nilai budaya tidak memperkuat pengaruh
nilai produk dan kreativitas iklan terhadap sikap konsumen.
No copy data
No other version available