Implementasi pemasaran holistik untuk meningkatkan kepecayaan dan citra pada industri perbankan pemerintah
Sampai saat ini, industri perbankan di Indonesia masih dalam kondisi pemulihan akibat
dampak krisis finansial yang terjadi secara global dalam-Iingkungan yang berubah secara
cepat. Dampak krisis global ini berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat juga
mempengaruhi citra perusahaan perbankan. Untuk meningkatkan kepercayaan dan citra
perusahaan perbankan di Indonesia, khususnya bank pemerintah di Provinsi Jawa Barat,
maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan konsep pemasaran holistik yang
mencakup pemasaran kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal, dan
pemasaran tanggung jawab sosial pada industri perbankan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu manajemen dengan fokus pada manajemen
pemasaran holistik (holistic marketing management). Pengamatan dilakukan terhadap
perusahaan perbankan di Provinsi Jabar yang memasarkan produk berupa kredit.
Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif menggunakan metode survei
deskriptif dan eksplanatori. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan
menggunakan sampel sebanyak 220 orang yang terdiri dari manajer dan nasabah.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilengkapi dengan wawancara dan
observasi. Data lapangan dikumpulkan pada bulan Januari sampai dengan Desember
2008 yang selanjutnya diolah menggunakan SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran holistik yang terdiri dari pemasaran
kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal dan pemasaran tanggung jawab
sosial telah diterapkan dengan baik pada industri perbankan di Jawa Barat. Secara
simultan, pemasaran holistik yang mencakup pemasaran kerelasian, pemasaran
terintegrasi, pemasaran internal dan pemasaran tanggung jawab sosial berpengaruh
terhadap kepercayaan .. Penelitian ini menemukan bahwa bahwa pemasaran holistik yang
mencakup pemasaran kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal dan
pemasaran tanggung jawab sosial secara simultan berpengaruh terhadap citra dan
menemukan menemukan pula, bahwa kepercayaan berpengaruh terhadap citra
perusahaan baik menurut penilaian kantor bank maupun nasabah bank. Hasil temuan
akhir dari penelitian ini menurut penilaian nasabah adalah bahwa pemasaran holistik
yang mencakup pemasaran kerelasian, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal dan
" pemasaran tanggung jawab sosial serta kepercayaan berpengaruh terhadap citra.
No copy data
No other version available