Pengaruh kinerja bauran penjualan eceran dan lingkungan individu terhadap preverensi konsumen sertadampaknya Pada Proses Pembentukan Citra Minimarket Di Jawa Barat
Perkembangan minimarket yang meningkat mengakibatkan persaingan
yang semakin tajam baik di antara minimarket, pasar tradisional maupun dengan
supermarket dan hypermarket. Untuk dapat bersaing, minimarket perlu
melakukan penyesuaian strategi bauran penjualan eceran yang sesuai dengan
pasar sasaran (target market) yang dipilih. Berdasarkan hal tersebut maka penulis
menyusun desertasi dengan judul "Pengaruh Bauran Penjualan Eceran dan
Lingkungan Individu terhadap Preferensi Konsumen serta Dampaknya pada
proses pembentukan Citra Minimarket di Jawa Barat".
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan bauran
penjualan eceran dan faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan individu. (2)
Mengkaji hubungan bauran penjualan eceran dan lingkungan individu (3).
Mengkaji pengaruh bauran penjualan eceran dan lingkungan individu terhadap
preferensi konsumen (4) Mengkaji pengaruh bauran penjualan eceran dan
lingkungan individu serta preferensi konsumen pada proses pembentukan citra
minirnarket di Jawa Barat.
Penelitian ini menggunakan ilmu manajemen di bidang manajemen
pemasaran dan manajemen eceran. Secara khusus, tinjauan dilakukan dari segi
bauran penjualan eceran, lingkungan individu dan preferensi konsumen serta
pengaruhnya pada proses pembentukan citra minimarket di Jawa Barat. Penelitian
bersifat deskriptif dan verifikatif. Penelitian yang dilakukan melalui metode survei
dan eksplanatori survei dengan teknik penarikan sampel bersifat acak melalui
cluster area. Ukuran sampel penelitian adalah 640 konsumen pada 160
minimarket di Jawa Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara menggunakan kuesioner dan observasi.
Alat analisis yang digunakan adalah Structure Equation Model (SEM)
dengan program Lisrel 8.30. Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran
penjulan eceran memiliki hubungan dengan lingkungan individu dalam
mempengaruhi preferensi konsumen maupun citra minimarket, Pelaksanaan
bauran penjualan eceran memiIiki pengaruh yang Iebih besar dibandingkan
dengan lingkungan individu baik secara parsial maupun simultan terhadap
preferensi konsumen pada proses pembentukan citra minimarket di Jawa Barat,
No copy data
No other version available