Pengaruh implementasi segmentasi nasabah dan manajemen kerelasian nasabah dalam mebentuk nilai nasabah serta implikasinya terhadap kinerja pemasaran (suatu survey pada sektor consumer banking Bank Pemerintah di wilayah DKI Jakarta dan Banten)
Industri perbankan adalah industri yang sangat kornpetitif, dirnana persaingan
untuk saling rnernperebutkan pangsa pasar terjadi sangat ketat. Pada situasi yang
kornpetitif ini, temyata dalarn kurun ernpat tahun sejak tahun 2005, kelornpok
Bank Pernerintah rnengalarni perturnbuhan yang lebih I arnb at dibandingkan
dengan total perturnbuhan industri perbankan secara nasional. Melihat hal ini
maka kelornpok Bank Pernerintah perlu rnelihat kernbali strategi pernasarannya,
yaitu proses dirnana perusahaan rnernbagi target nasabahnya setiap segrnen,
membangun hubungan yang kuat dengan nasabah, rnenciptakan nilai bagi nasabah
dan pada akhimya rneningkatkan kinerja pernasarannya ..
Penelitian ini rnenggunakan pendekatan ilrnu rnanajernen dengan fokus pada
manajernen pernasaran. Pengarnatan dilakukan terhadap perbankan di wilayah
DKI Jakarta dan Banten. Penelitian yang dilakukan ini bersifat deskriptif dan
confirmatory, sedangkan rnetode pengurnpulan data yang digunakan adalah
melalui survey, data sekunder serta Focus Group Discussion. Pelaksanaan survey
menggunakan sarnpel sebanyak 200 kantor cabang yang diwakili oleh pejabat
kantor cabang rnasing-rnasing.
Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa segrnentasi nasabah dan rnanajernen
kerelasian nasabah sudah diterapkan di Bank pernerintah, narnun dernikian rnasih
perlu ditingkatkan terus penerapannya dengan baik. Irnplernentasi Segrnentasi
Nasabah dan Manajernen Kerelasian Nasabah baik secara sirnultan rnaupun
parsial rnendorong terbentuknya Nilai Nasabah. Sernentara itu Segrnentasi
Nasabah dan Manajernen Kerelasian Nasabah baik secara sirnultan rnaupun
parsial rnernpengaruhi Kinerja Pernasaran. Nilai Nasabah berpengaruh positif
terhadap Kinerja Pernasaran. Sedangkan Segrnentasi Nasabah dan Manajernen
Kerelasian nasabah rnelalui Nilai Nasabah juga berpengaruh terhadap Kinerja
Pemasaran.
No copy data
No other version available