Pengaruh orientasi nasabah, kerelasian, dan orientasi pesaing terhadap strategi kompetitif dan dampaknya terhadap kinerja Bank Syariah
Adanya perubahan pesaing dan persaingan yang dinamis dalam industri BPR
syariah merupakan tekanan yang semakin berat bagi pengembangan bisnis BPR
Syariah dengan kondisi permodalan, SDM dan teknologi BPR Syariah yang masih
terbatas, namun demikian dari aspek yang lain dapat dilihat memberikan peluang
untuk mengembangkan kinerja BPR Syariah lebih baik lagi dengan menerapkan
strategi kompetitif yang berlandaskan kepada orientasi nasabah, orientasi pesaing dan
kerelasian yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan
mengetahui pengaruh orientasi nasabah, orientasi pesaing dan kerelasian terhadap
strategi kompetitif yang berdampak pada keunggulan bersaing dan implikasinya pada
kinerja BPR Syariah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yakni deskriptif dan
eksplanatori survey. Jumlah responden dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 117
BPR Syariah, yang ditentukan dengan teknik penyebaran kuesioner terhadap 152
BPR Syariah yang ada di Indonesia. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan
statistikamultivariate dengan alat uji Partial Least Square (PLS). Sedangkan untuk
pengolahan data menggunakan program smartPLS 2.0 dan SPSS versi 16 window.
Hasil penelitian menunjukkan (1) orientasi nasabah dan orientasi pesaing baik
secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kerelasian, dim ana orientasi
nasabah memiliki pengaruh yang dominan terhadap kerelasian BPR Syariah (2)
orientasi nasabah dan orientasi pesaing secara simultan berpengaruh terhadap strategi
kompetitif, dimana orientasi nasabah memiliki pengaruh yang dominan terhadap
strategi kompetitif BPR Syariah sedangkan orientasi pesaing tidak berpengaruh
terhadap strategi kompetitif BPR Syariah (3) orientasi nasabah, orientasi pesaing dan
kerelasian secara simultan berpengaruh terhadap strategi kompetitif BPR Syariah
dimana kerelasian memiliki pengaruh yang dominan terhadap strategi kompetitif
BPR Syariah, sedangkan orientasi pesaing secara parsial tidak memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap strategi kompetitif (4) strategi kompetitif secara parsial tidak
berpengaruh terhadap kinerja BPR Syariah.
No copy data
No other version available