Pengaruh techno-ready products dan komunikasi pemasaran terpadu terhadap citra merek serta Dampaknya Pada Perilaku Pembelian Konsumen Jasa Telepon Seluler Multi Operator Di Indonesia
Secara umum, industri jasa telepon seluler di Indonesia dihadapkan pada beberapa
fenomena yang menjadi pendorong dinamika industri. Fenomena tersebut adalah (i)
pelanggan cenderung meninggalkan monoloyalitas dalam berlangganan; (ii) industri
memasuki equilibrium baru dimana layanan-layanan lama seperti komunikasi suara
dan short message service (SMS) memasuki memasuki era komoditisi dan bermargin
tipis; (iii) teknologi & layanan baru berbasis wireless broadband dan internet
protocol secara perlahan namun pasti, terus membayangi eksistensi layanan lama; (iv)
average revenue per user (ARPU) para operator cenderung menurun sehingga
keuntungan per pelanggan menurun. Kondisi ini menuntut operator untuk
mengimplementasikan strategi marketing untuk produk berbasis teknologi (techno
ready products), komunikasi pemasaran terpadu, membangun citra merek, serta
melihat dampaknya pada prilaku pembelian konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini
akan mengeksplorasi hubungan struktural antara ke empat variabel tersebut, agar
dapat dirumuskan strategi marketing yang tepat sehingga volume penjualan para
operator dapat diraih sesuai dengan ekspektasi masing-masing operator.
Penelitian ini adalah penelitian verifikatif, yang menghasilkan model keterkaitan ke
empat variable yang menjadi obyek penelitian ini, yaitu: techno-ready products,
komunikasi pemasaran terpadu, citra merek, dan perilaku pembelian. Responden
dalam penelitian ini adalah pelanggan multi operator di 8 kota besar di Indonesia.
Untuk menganalisis keterkaitan variabel digunakan model persamaan struktural
(SEM).
Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa secara keseluruhan Techno-ready
Products, Komunikasi Pemasaran Terpadu, dan Citra Merek berpengaruh positif
terhadap Perilaku Pembelian. Model ini memastikan bahwa sangat penting bagi para
operator untuk menggarap rumusan strategi pemasaran, program komunikasi
pemasaran, serta upaya membangun citra merek, agar tujuan untuk meningkatkan
volume trafik komunikasi, yang akan dicapai melalui ketetapan keputusan
berlangganan, peningkatan volume dan variasi penggunaan, serta peningkatan
intensitas referal dapat diwujudkan sesuai dengan target perusahaan
No copy data
No other version available