Pengaruh diferensiasi produk, manajemen kerelasian pelanggan , dan penetapan harga terhadap nilai pelanggan serta implikasinya terhadap kinerja pemasaran
Usaha perbatikan sebagai penopang perekonomian daerah, memiliki peran sangat
penting dalam menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Fluktuasinya kinerja
pemasaran Usaha Mikro Kecil (UMK) melalui batik tulis tradisional yang dihasilkannya
cenderung tidak stabil, baik dilihat dari aspek kualitas, batik sangat dominan dalam
menciptakan kepuasan, maupun aspek kuantitas yang berdampak kepada perolehan
keuntungan, melalui kinerja pemasaran.
Menurunnya kinerja Pemasaran pada UMK batik tulis tyradisional di Jawa Tengah dan
DJ. Yogyakarta merupakan salah satu penyebabnya disinyalir dalam memberikan nilai
kepada pelanggan lebih kecil bila dibandingkan dengannilai yang diberikan pesaing (inferior
customer value). Selain dari pada itu tampaknya program pemasaran khususnya diferensiasi
produk, manajemen kerelasian pelanggan dan penetapan harga yang dilakukan UMK tidak
sesuai lagi dengan kondisi trend mode saat ini. Hal ini merupakan ancaman yang serius bagi
perajin batik khususnya UMK terlebih dalam menghadapi persaingan pasar global.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui, menggali, dan mengungkapkan data dan
informasi yang berhubungan dengan pengembangan diferensiasi produk, pengefektifan
manajemen pelanggan, penyesuaian penetapan harga dalam membentuk nilai pelanggan serta
terhadap kinerja pemasaran melalui pengungkapan pengaruh dari masing-masing variabel.
Sampel yang diteliti sebanyak 200 UMK batik tulis tradisional di Jawa Tengah dan
D.I.Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan bersifat descriptif dan verifikatif, di mana
penelitian descriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran atau
deskripsi tentang diferensiasi produk, manajemen kerelasian pelanggan, penetapan harga serta
nilai pelanggan maupun kinerja pemasaran. Tipe penyelidikan yang digunakan adalah tipe
kausalitas yakni melakukan pengujian ke arah hubungan atau pengaruh antara variabel bebas,
variabel terikat, dan intervening dengan pendekatan pemodelan serta dalam tehnik solusi yang
akan dipergunakan sebagai alat ananlisis di dalam disertasi ini yaitu metode structural
equation model (SEM).
Hasil penelitian terungkap bahwa penetapan harga memiliki pengaruh paling signifikan
bila dibandingkan dengan diferensiasi produk dan manajemen kerelasin pelanggan. hal ini
disebabkan karena saat ini perajin batik tulis tradisional dalam skala usaha mikro dan kecil
masih kesulitan dalam mengembangkan strategi penetapan harga. Penyebabnya diantaranya
kenaikan harga bahan baku, kelanggkaan bahan bakar (minyak tanah), selain dari pada itu
juga kehadiran Batik Kotemporer, Batik Fractal, dan Batik Printing yang menjadi pesaing
utama karena harga jualnya yang sangat kompetitif. Sedangkan kinerja pemasaran yang
diharapkan mengarah pada keberpihakan terhadap nilai pelanggan superior,
kenyataannya tidak menunjukkan hasil optimal yang diharapkan pelanggan.
No copy data
No other version available